Tuesday, December 13, 2016

Resep Membuat Tomyam Praktis Dan Mudah

Tags

Resep Tomyam Praktis Dan Mudah
Resep Tomyam Praktis Dan Mudah

Setiap pagi, ngegalau masak apa. Sambil liat-liat resep masakan di handphone. Tapi biarpun setiap hari nge-share resep masakan tetep bingung mau masak apa, meskipun ratusan artikel resep masakan numpuk dilayar handphone, teteuuuppp masih aja bingung mau masak apa.


Mau masak ini, cabe lagi nahal. Mau masak itu ribet banget masaknya, akhirnya malah gak masak ini itu. Hahah

Tapi kalau suami udah kasih kode " masak aja", wah itu jadi perintah yang tidak bisa diganggu gugat.
Kebetulan, punya udang... akhirnya kefikiran deh buat bikin ini. Karna bosen udangnya disaus padang mulu..

Hihihi

Nih bumbu dan bahan yang harus disiapkan :

Bahan isi sup :
  • udang segar, kupas kulit kepala dan badannya, sisihkan
  • cumi , potong
  • jamur kancing
  • bakso ikan
  • pokcay / sawi hijau jika tidak ada
  • bawang bombay
  • tomat
  • seledri
  • Gula, garam, merica bubuk, penyedap rasa


Bahan sup :
  • bawang merah & bawang putih cincang halus
  • jahe,
  • lengkuas
  • pekak / kapulaga
  • serai
  • kecap ikan 3 sdm


Bumbu :
  • bawang putih 2 butir
  • cabe merah 4  atau 5 butir sesuai selera
  • ebi kering


Cara membuat :

Bumbu tomyam :
Tumis bawang putih, ebi kering dan cabai sampai  harum dan kecoklatan, angkat tiriskan
Blender semua bahan menjadi satu sampai halus sisihkan

Bumbu kaldu :
Pertama-tama rebus kulit dan kepala udang sampai mendidih, kemudian masukan bawang putih yang sudah ditumis.

Masukkan serai, jahe dan lengkuas yang sudah digeprek, terakhir masukkan kapula atau pekak, agar tidak terlalu amis. Rebus sampai kuah kaldu menyusut

Setelah Kuah kaldu matang saring kaldu, dan sisihkan,

Rebus kembali kaldu udang yang telah disaring, masak sampai mendidih, masukkan bumbu tomyam, kecap ikan , garam, gula dan penyedap jika suka dan sedikit merica.

Setelah itu masukkan udang, cumi, jamur yang sudah diiris tipis,.dan bakso ikan.

Setelah udang berubah warna kemerahan masukkan sayuran, bawang bombay, seledri. Angkat dan sajikan hangat

Selamat Mencoba


Sup ini enak apalagi dimusim hujan kaya sekarang,
Memang prosesnya agak ribet. Tapi setimpal dengan rasanya. Apalagi kalau inget harga tomyam di restoran...
Kayanya, lebih puassss makan sendiri dirumah...


SELAMAT MENCOBA BUNDA

Resep Tomyam Praktis Dan Mudah
Resep Tomyam Praktis Dan Mudah

SELAMAT MENCOBA

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon