Tuesday, January 31, 2017

Resep Sayur Daun Singkong Enak dan Mudah

Tags
Resep Sayur Daun Singkong Enak dan Mudah
Resep Sayur Daun Singkong Enak dan Mudah

Singkong merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur dindonesia. Pemanfaatan singkong sendiri  dari mulai umbi , batang, dan daunnya. Umbi singkong banyak dimanfaatkan sebagai olahan bahan makanan dan kue, begitupun daunnya.



Jika tertarik, bunda bisa mencoba Resep Sayur Daun Singkong sebagai lauk di rumah. Resep ini mudah dibuat dan rasanya pun dijamin enak.

Sunday, January 29, 2017

13 Manfaat dan Efek Samping Kunyit


 
manfaat kunyit. sumber gambar : manfaat.co
Kunyit atau curcuma longa linn merupakan tanaman rempah – rempah dari asia tenggara yang mengalami penyebaran ke banyak negara sejak indonesia belum merdeka. Kunyit banyak dipergunakan pada bumbu masakan dan salah satu  bahan obat obat.  Bahkan dengan perkembangan jaman dan teknologi kunyit juga sudah banyak dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan.

Saturday, January 28, 2017

Resep Kripik Jagung Geprek Rumahan yang Enak

Kripik Jagung Geprek Rumahan

Bunda jagung merupakan sayuran yang sering kita temukan di pasar maupun di supermarket. Kebanyakan jagung yang dikonsumsi adalah jagung manis, sesuai dengan namanya jagung manis memiliki rasa yang manis bahkan sebelum pengolahan. Akan tetapi rasa jagung yang manis ini hanya bertahan sekitar 2 – 4 hari sesuai dengan tempat dan suhu penyimpanannya.

Kandungan gizi pada jagung antara lain karbohidrat, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, Vitamin B1 dan air.  Karbohidrat merupakan kandungan tertinggi dalam jagung yaitu sebesar 80% jadi tak salah jika beberapa kota tertentu di indonesia jagung menjadi makanan pokok pengganti nasi.

Thursday, January 26, 2017

Resep dan Cara Membuat Martabak Mie Enak dan Mudah

Tags
Resep Olahan Mie , Martabak Mie

Mie memang selalu menjadi primadona disaat saat tertentu ya, di akhir bulan atau memang karna malas masak. Selain itu varian rasa mie yang beragam juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mencobanya.

Wednesday, January 25, 2017

Resep dan Cara Membuat Capcay Kuah Spesial

Tags
Bunda, bingung mau masak apa. Yuk cobain Resep Capcay kuah sepesial yang dijamin bikin ketagihan. Selain rasanya yang enak juga kaya akan kandungan vitamin. Karna resep sayur yang satu ini bukan Cuma jadi favorit suamiku tapi juga anakku...

Catat Resepnya ya ,

Tuesday, January 24, 2017

Resep Indomie Pedas Level 8 ala Cafe

Tags

Kamu pastinya sudah mendengar olahan mie yang lagi ngehits banget di beberapa cafe di jakarta. Yups ada beberapa varian makanan dari mie dengan olahan dan penyajian yang unik banget dan tentunya mengunggah selera. Selain karna tampilan dan rasanya harganya pun terjangkau apalagi untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, jadi gak heran kalau cafe nya selalu penuh pengunjung.

Nah, berikut salah satu resep olahan mie instant yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Cek resepnya ya.

Resep dan Cara Membuat Sambal Tomat Enak

Tags

Bagi orang yang sering belanja ke pasar khususnya kaum ibu-ibu baik muda maupun tua pasti sudah mendengar dan merasakan sendiri efek harga cabai yang naik berkali-kali lipat. Apalagi para pecinta kuliner pedas mungkin dibuat tercengang kalau makanan pedas langganannya mengurangi porsi atau menaikkan harganya efek berkelanjutan dari naiknya harga cabai tersebut, meskipun tidak sedikit juga yang tetap dengan harga lama demi kesetiaan pelanggan.

Monday, January 23, 2017

Resep Soto Ayam Mudah Nikmat

Tags


Soto ayam sudah dikenal oleh seluruh masyarakat indonesia, dan sudah dijual dan dikonsumsi oleh semua kalangan masyarat. Dari mulai pedangan kaki lima di pinggi jalan sampai restoranpun menyediakan kuliner yang satu ini.

Resep dan Cara Membuat Gurame Saus Bombay

Tags

Salah satu olahan ikan gurame yang paling suami suka adalah gurame saus bombay, karena suamiku termasuk orang yang agak sensitif kalau masakan sudah terlalu pedas, jadi menu yan satu ini aman untuk perutnya.

Selain itu bahan-bahannya pun simpel dan mudah sekali dibuat. Yuk cobain bunda

Saturday, January 21, 2017

Kandungan dan Manfaat Es Krim untuk Anak



Bunda, dalam kesehariannya anak kita sering kali mengkonsumsi es krim. Terkadang menjadi orang tua khususnya seorang ibu ketika anak mengkonsumsi es krim timbul banyak sekali ke khawatiran, takut batuklah, takut pileh lah, dan segala macam ke khawatiran lain yang membuat kita terkadang melarangnya.

Khasiat Tersembunyi Dibalik Aroma Jengkol Yang Menyengat



Hai bunda, kali ini kita akan membahas tentang ...........” JENGKOL”... yeay........
Nama jengkol mungkin sudah tidak terdengar asing ditelinga kita semua ya,  jengkol sudah terkenal di pelosok negri baik bagi pecintanya maupun pembencinya karna aroma jengkolnya yang sangat khas dan menyengat. Jengkol atau nama latinnya Archidendron Pauciflorum  termasuk kedalam suku polong – polongan, kerabat pete tentunya.

Hehehe...

Nutrisi per 100 gram jengkol mengandung karbohidrat 25,6 gram, serat pangan 1,76 gram, Lemak 1,45 gram dan Protein 14,19 gram. Selain itu jengkol juga mengandung viamin A, Vitamin B6, Vitamin B2,B12 , Vitamin C, Zat besi 4,7 gram , kalsium , fosfor dan Asam jengkolat yaitu sebuah asam amino yang dapat menyebabkan dhenkolism atau keracunan jengkol. Atau orang sunda menyebutnya jengkoleun.

Selain rasanya yang khas bagi pecintanya ( termasuk saya), jengkol juga memiliki beberapa manfaat antara lain :


Mengontrol gula darah
Dengan mengkonsumsi jengkol, fruktosa atau disebut fruit sugar  yang terdapat dalam aliran darah di dalam tubuh dapat terurai dengan baik. Sehingga tidak terjadi penimbunan  gula berlebih.


Menjaga kesehatan Jantung koroner

Menangkal radikal bebas
Kandungan antioksidan yaitu vitamin A dan Vitamin C dalam jengkol memberikan efek positif pada tubuh yang menghalau toxin dan racun masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam jengkol baik untuk mengatasi dan mencegah kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh atau anemia.

Mencegah tulang Keropos dan membantu memperkuat tulang dan gigi

Mencegah diabetes

Mengatasi sembelit



Tapi dengan manfaat yang dijabarkan diatas tidak lantas serta merta membuat kita mengkonsumsi jengkol dengan memabi buta untuk mendapatkan manfaat tersebut. Karna konsumsi jengkol berlebihpun bisa menyebabkan beberapa masalah seperti :

Bau Menusuk pada mulut dan Urin
Penyebab bau menusuk berasal dari asam amino yang terkadung dalam biji jengkol. Asam amino yang terkadung di dalamnya didominasi oleh kandungan sulfur. Jadi ketika terdegrasi atau terurai maka akan menghasilkan komponen flobue yang memiliki bau menyengat.

Menyebabkan penyakit jengkolan
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa jengkol mengandung asam jengkolat yaitu yaitu sebuah asam amino yang dapat menyebabkan dhenkolism atau keracunan jengkol. Struktur asam jengkolat mirip dengan asam amino ( pembentuk protein) akan tetapi asam jengkolat tidak dapat dicerna oleh tubuh. 

Kandungan asam jengkolat dalam biji jengkol dapat menyebabkan gangguan kesehatan dikarenakan terbentunya asam jengkolat yang tidak dapat dicerna dibuang melalui urin dan akhirnya menumpuk dan membentuk kristal. Jika kristal tersebut menumpuk semakin banyak maka biasanya orang yang mengkonsumsi jengkol terlalu banyak akan kesulitan saat buang air kecil. Bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan gangguan ginjal dan prostat.

Wah mengerikan sekali ya, dibalik rasanya yang enak juga tersimpan penyakit yang mengintai. Jadi cara terbaik mengkonsumsinya adalah JANGAN BERLEBIHAN. Karna segala sesuatu yang belebihan memang tidak baik.
Tapi tidak ada salahnya sesekali memasukkan jengkol kedalam menu makanan kita, yuk intip resepnya bagaimana membuat olahan jengkol nikmat yaitu Resep Semur Jengkol Khas Betawi



Oke, demikian pembahasan kita tentang jengkol, terimakasih sudah mampir dan membaca.


SALAM HANGAT,


Friday, January 20, 2017

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk kecantikan






Kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang sering kita pergunakan sehari-hari untuk memasak. Tapi selain sebagai bumbu dapur kemiri juga bisa dipergunakan sebagai produk kecantikan.

5 Cara Mengatasi BadMood Tanpa Hangout


Bunda, menjadi ibu rumah tangga penuh itu bukan hal yang mudah, apalagi kalau sudah memiliki momongan. Setiap hari melakukan banyak pekerjaan dari mulai mencuci baju, membereskan rumah, mencuci piring, memasak, memandikan anak dan tumpukan pekerjaan lain yang sepertinya tidak pernah habis.

Tapi bersyukurlah wanita diciptakan Tuhan dengan kemampuan yang luar biasa, sehingga banyak ibu rumah tangga yang bisa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Jadi bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Thursday, January 19, 2017

Resep dan Cara Membuat Mie Ayam Enak dan Spesial

Tags


Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri Dirumah


Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri Dirumah

Bunda Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan dalam masakan kita sehari - hari. kemiri atau nama latinnya Aleurites Moluccana selain sebagai bumbu dapur atau rempah - rempah minyak kemiri juga sering dipergunakan sebagai obat , atau bahan baku produk perawatan kecantikan.

Cara Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Vas Bunga Cantik

Cara Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Vas Bunga Cantik


Bunda, tidak bisa kita pungkiri sampah rumah tangga adalah sumber sampah terbesar. Bukan hanya sampah basah seperti sisa makanan, sayur-sayuran, kulit bawang dan sebagainya juga didominasi oleh plastik dan botol – botol bekas. Kebanyakan dari kita membuangnya, akan tetapi yang perlu kita ketahui bahwa sampah-sampah tersebut memerlukan waktu yang lama agar bisa hancur. Dan jika itu terus menerus terjadi, selain mengakibatkan polusi tanah, juga bisa menyebabkan pencemaran air dan udara disekitar tumpukan sampah tersebut.

Wednesday, January 18, 2017

Resep Lele Crispy Sambal Pecel Sayur

Tags

Bunda, kadang kita sebagai istri adakalanya malas ya memasak. Maunya duduk manis nonton tv sambil ngemil, tapi lagi –lagi rasa sayang kepada suami dan anak yang akhirnya menggerakkan tubuh kita. Aku juga kadang gitu bunda, nah... tapi kali ini aku masak yang praktis praktis aja supaya bisa tetep masak tapi tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Tuesday, January 17, 2017

RESEP SAMBAL KOREK (ALA BEBEK H. SLAMET)

Tags

Resep Sambal Kencur Segar

Tags

Resep Sambal Pete Nikmat

Tags


Resep dan Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Mudah dan Enak

Tags
Resep dan Cara Membuat   Ayam Bumbu Bali Mudah dan Enak

Bunda, belakangan ini harga cabai melonjak tinggi sampai mencapai harga Rp. 150.000,- dan pastinya cukup berpengaruh di dapur apalagi untuk saya yang pencinta masakan pedas. Setelah beberapa hari di tahan-tahan untuk tidak memasak makanan pedas pada akhirnya menyerah juga. Tapi tetap saja saya juga membatasi mengingat harganya yang serupa daging sapi..

Resep Es Krim Nangka

Tags


Hai cantik, bosen dengan olahan nangka yang itu itu aja? Yuk .. Kita buat es krim nangka. Es krim nangka yang akan dibuat kali tanpa susu, sebagai gantinya santan kental. Jadi bisa dinikmati bagi pecinta es krim yang tidak suka susu.

Monday, January 16, 2017

7 Cara Membuat Cafe atau Tempat Makan Mu Laris Manis di Serbu Pembeli


Di jaman sekarang cafe atau tempat makan sudah menjadi kebutuhan bersosialita bagi semua kalangan baik anak muda bahkan sampai yang sudah  berumur. Hal ini cendrung selain karna meningkatnya standar gaya hidup seseorang saat ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Apalagi saat liburan, malam minggu atau saat akhir bulan biasanya jumlah orang yang datang ke cafe atau tempat makan semakin bertambah

Resep Spaghetti Pesto With Chicken

Tags


Siapa yang tidak tahu makanan dari italia yang satu ini, sekarang spageti sudah menjadi makanan yang cukup familiar di indonesia. Ada banyak sekali varian spageti baik versi original ataupun kreasi sendiri..
Ini salah satunya, spageti pesto with chicken, cobain yuk.. dijamin ketagihan

Bahan :

4 gengam pasta
1 ikat bayam
200 gr ayam potong dadu
2 sosis sapi (dipotong bulat bulat)
4 siung bawang putih
8 buah kacang mede
secukupnya garam
secukupnya lada putih
50 ml susu sapi
keju secukupnya (boleh keju parut tapi lebih baik parmesan)

Cara Membuat :

Didihkan air yang sudah diberi minyak dan garam untuk merebus spaghetti.

Cincang 3 siung bawan putih kemudian tumis. masukan bayam yang telah dipetik dan dibersihkan. tumis hingga bayam menjadi layu.
Setelah bayam layu, tambahkan sedikit garam. angkat dan pindahkan pada blender. hancurkan bayam dan masukkan kacang mede yang telah dicincang. blender hingga hancur dan merata.
Cincang 1 siung bawang putih kemudian tumis. lalu masukkan ayam dan sosis. tunggu hingga matang dan masukan bayam yang telah di haluskan. tambahkan garam, susu dan lada putih.
Tunggu hingga wangi dan masukkan spaghetti yang telah direbus. lalu tambahkan keju parut (seharusnya parmesan). aduk hingga merata.

Angkat dan siapkan pada piring saji. taburkan mede yang telah dihancurkan dan keju.


Sumber : Facebook Rahasia Dapur

Sunday, January 15, 2017

Resep Tumis Sayuran Campur

Tags
Resep Tumis Sayuran Campur

Kemarin kebetulan masih ada beberapa sayuran sisa membuat pecel, karna belum belanja lagi kepasar akhirnya coba bikin tumisan dari bahan sayuran seadaanya dikulas. Kata orang tua zaman dul, mubazir dibuang. Tapi kalaupun dimasak sendiri-sendiri sayurnya gak banyak, akhirnya dicampurlah semua nya jadi satu.
Cek resepnya ya bunda

BAHAN :
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 3 siung
Cabai merah 3 buah
Tomat ½ butir
Sawi hijau 2 ikat
Toge 100 gram
Kacang panjang 200 gram
Saus Tiram 2 sdm
Air secukupnya
Garam, gula, penyedap rasa (jika suka)
Minyak untuk menumis


CARA MEMBUAT :
Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
Kemudian masukkan cabai dan tomat, aduk sampai layu
Masukkan saus tiram dan berikan sedikit air, aduk-aduk
Tambahkan semua sayuran dan aduk sampai sayuran layu
Beri gula, garam dan penyedap rasa ( jika suka), cicipi
Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan

Tips ; Sayuran cukup dimasak 10 sampai dengan 15 menit, jangan terlalu lama. Selain lebih nikmat sayuran dengan kondisi yang tidak terlalu matang juga membuat nilai gizi dan vitamin yang terkandung didalam sayuran tidak mengalami kekrusakan


SELAMAT MENCOBA BUNDA

Resep Kue Ongol-ongol



Tumis Buncis Bakso Nikmat Sederhana

Tags


Buncis merupakan sayuran yang cukup familiar di indonesia. Buncis memang memiliki rasa yang sedikit manis dan segar apalagi kalau dimasak tidak terlalu matang.. wahhhh...
Rasanya air liur sudah berceceran membayangkannya.

Resep Ayam Goreng Saus Madu

Tags

Ayam goreng saus madu ini adalah varian resep ayam yang wajib di coba, selain karna cukup mudah dalam pembuatannya rasanya pun dijamin bikin ketagihan.
Yuk cek resepnya

Saturday, January 14, 2017

Klepon Hijau Pandan Isi Gula Merah



Bahan pelapis:
2,5 kg singkong, kukus dan haluskan
500 gram tepung sagu
600 ml air hangat
2,5 sdt garam
75 ml air daun suji

Bahan taburan:
250 gram kelapa parut kasar
5 lembar daun pandan
2,5 sdt garam

Bahan isian:
250 gram gula merah untuk isian

Cara membuat:
1. Aduk singkong yang telah dihaluskan beserta seluruh bahan pelapis sampai rata dan ulen.
2. Iris gula merah sampai agak sedikit halus.
3. Ambil sedikit demi sedikit bahan pelapis, pipihkan lalu isi dengan bahan isian. Bulatkan, lalu pinggirkan.
4. Didihkan air, masukkan klepon yang sudah dibulatkan. Rebus hingga terapung, tiriskan.
5. Masukkan klepon yang sudah matang ke mangkuk isi bahan taburan. Ratakan taburan kelapa di sekeliling klepon. Hidangkan saat sedikit hangat.


Sumber : Info Resep Nikmat


Friday, January 13, 2017

Resep Pisang Gulung


Resep Dadar Gulung Pisang Keju coklat



Bunda, siapa yang bisa menolak makanan yang enak satu ini, ( kecuali yang gak suka pasti nolak)..  kombinasi antara pisang dan coklat ini rasanya melting sampai ke hati.
Cocok banget buat temen ngopi atau teh, wah....

Thursday, January 12, 2017

Resep Udang Saus Padang

Tags

Wednesday, January 11, 2017

Resep Udang Masak Saus Sichuan

Tags


Tuesday, January 10, 2017

Resep Mie Goreng Pedas

Tags
Resep Mie Goreng Pedas


Berenang di Saiji Waterpark Tanggerang

Tags

Rio memang suka sekali berenang sejak masih bayi bahkan saat didalam kandungan pun aku suka berenang bahkan sempat ditegur  pihak keamanan saat hamil besar dan akan naik satu arena seluncur di sebuah waterpark. Hahahha....

Resep Semur Jengkol khas Betawi

Tags

Monday, January 09, 2017

Resep Tahu Masak Taoco

Tags



bunda , sudah pernah mencoba tauco ? iya tauco adalah olahan kacang kedelai Yang difermetasikan dalam jangka waktu tertentu. Tauco juga menjadi oleh-olah khas di beberapa daerah di jawa barat, sebut saja cirebon, kuningan, cianjur, bahkan sekarang tauco juga marak di jajakkan di kota bogor.

Sunday, January 08, 2017

Parenting : Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget di Usia Dini


Bunda, sekarang ini kemajuang teknologi semakin pesat dengan ditandai dengan bermunculan banyak sekali produk teknologi itu sendiri yang salah satunya adalah handphone. Jaman kita kecil dulu mungkin handphone belum hadir ya bunda, atau kalaupun ada hanya beberapa orang saja yang memiliki dan kurang menarik rasanya. Jaman sekarang handphone sudah menjadi gaya hidup, bahkan sudah menjadi kebutuhan hidup bagi banyak orang.


Friday, January 06, 2017

Resep dan Cara Membuat Gulai Tongkol

Tags
Suamiku suka banget makan ikan, apalagi ikan tongkol dan gurame. biasanya kalau beli ikan tongkol aku masak balado. Cuma karna kemarin hampir ribut sama tukang cabe gara-gara beli cabe 5.000 malah disuruh tanem sendiri jadi males.
nanem sendiri sih boleh, tapi mau masak sekarang cabenya baru tumbuh 5 bulan kemudian...
wassalam deh masakan saya..

Thursday, January 05, 2017

Resep dan Cara Membuat Tumis Jamur Pedas

Tags
Resep dan Cara Membuat  Tumis Jamur Pedas

bunda pasti sering mendengar nama jamur tiram di resep masakan indonesia, apalagi camilan yups sekarang ini lagi ngehits makanan “jamur chrispy” yang rasanya gurih-gurih nyoiiii...

Wednesday, January 04, 2017

Resep dan Cara membuat sambal Goreng Ati Nikmat

Tags
Resep dan Cara membuat sambal Goreng Ati Nikmat
Resep dan Cara membuat sambal Goreng Ati Nikmat

IDE USAHA UNTUK IBU RUMAH TANGGA (Bag, 1)


Sebagai seorang ibu rumah tangga yang mengandalkan penghasilan dari suami terkadang ada sekali hasrat untuk membeli ini dan itu. Tapi setelah menimbang dan memikirkan lagi, rasanya sayang kalau jerih payah suami di belanjakan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat meskipun dalam hati rasanya ingin sekali. Atau memang terkadang penghasilan suami kurang mencukupi untuk ini dan itu. Jadilah terbersit keinginan untuk melakukan usaha sendiri dirumah untuk menambah penghasilan keluarga atau sekedar ingin mencari penghasilan sendiri . berikut beberapa ide usaha untuk ibu rumah tangga yang patut dicoba.

Tuesday, January 03, 2017

Resep dan Cara Membuat Egg Chicken Roll Mudah dan Enak

Tags
Resep dan Cara Membuat Egg Chicken Roll Mudah dan Enak
Resep dan Cara Membuat Egg Chicken Roll Mudah dan Enak

Bunda pasti pernah dong makan di HOKBEN atau Hoka Hoka Bento. Restoran cepat saji ala jepang ini memang banyak penggemarnya, baik dari kalangan anank-anak, remaja sampai emak-emak kaya saya ini. Selain karna harganya cukup tejangkau , rasanya pun cocok untuk lidah orang indonesia kebanyakan.

MENU DAN HARGA HOKA HOKA BENTO

Tags

Hoka hoka bento atau biasa dikenal dengan hokben adalah salah satu makanan cepat saji yang cukup banyak diminati, dan standnya banyak bertebaran di mana-mana khususnya di jakarta. Makanan khas jepang ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang sesuai di lidah masyarakat indonesia dan harganya pun cukup terjangkau.

Monday, January 02, 2017

Berenang di Eldorado Waterpark Cibubur

Tags
Libur lebaran tahun 2016 kemarin, kami sekeluarga berhalangan pulang kampung. Karna memang yang dituakan sudah tidak ada dan semua anak berkumpul disini, jadilah tahun ini libur lebaran di jakarta.

Sunday, January 01, 2017

Wisata Little Vennice di Puncak Bogor

Tags

Saat mendengar nama veniche pasti yang keingetan pertama kali adalah gondola. Yups kota di perancis ini memang terkenal dengan perahu atau gondolanya sebagai alat transportasi. Kebayang gimana serunya ya rekreasi disana, sambil foto-foto selfie pasti keren banget. Dan pastinya mahal banget, jangankan memikirkan biaya hidup disana, biaya transportasi untuk kesananya aja sudah berjuta-juta harganya.