Sunday, January 29, 2017

13 Manfaat dan Efek Samping Kunyit


 
manfaat kunyit. sumber gambar : manfaat.co
Kunyit atau curcuma longa linn merupakan tanaman rempah – rempah dari asia tenggara yang mengalami penyebaran ke banyak negara sejak indonesia belum merdeka. Kunyit banyak dipergunakan pada bumbu masakan dan salah satu  bahan obat obat.  Bahkan dengan perkembangan jaman dan teknologi kunyit juga sudah banyak dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan.


Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat ya disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumi yaitu zat yang membantu proses penyembuhan, destemotoksikumin sebanyak 10%, bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1- 5%, dan zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron,rumeon, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Dan juga mengandung lemak 1-3 %, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, vitaminn C 45 -55%, garam,  mineral, zat besi, fosfor dan kalsium.

Adapun manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan antara lain :

Penangkal Virus Hepatitis C
Hepatitis C merupakan penyakit radang hati yang ditularkan melalui jarum suntik atau benda benda lain yang bisa melukai kulit. Angka pengidap penyakit Hepatitis C diindonesia sendiri sekitar 5 -7 juta orang.

Seorang peneliti asal indonesia yang bekerja di twincore, Jerman menemukan bukti baru soal efektivitas kurkumin dalam kunyit sebagai antivirus.


Mengurangi Resiko Leukimia
Menurut studi yang dilakukan oleh Prof. Mooly Nagabhushan dari loyola university Medical Center chicago, kunyit dapat menghambat mutasigenisias hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yaitu bahan kimia karseinogerik yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar karbon termasuk asap rokok. Selain itu kandungan zat yang terdapat dalam kunyit dapat menghambat radiasi kerusakan kromosom dan menghambat perbanyakan sel leukimia dalam kultur sel.

Mengobati Sakit maag
Sakit maag adalah kondisi nyeri pada tukak lambung yang disebabkan asam lambung yang berlebih.

Caranya adalah rebus 15 cm kunyit yang sudah dicincang atau digeprek dengan air 300 ml tambahkan gula merah sedikit untuk mengurangi rasa sepat pada kunyit.
Rebus sampai air menyusut setengahnya, minum dalam keadaan dingin 2 kali sehari sampai keluhan maag mereda.

Mencegah Kanker
Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mencegah Alzaimer
Alzaimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berbicara dan perubahan priAlzaimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berbicara dan perubahan prilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otaknya laku pada penderita akibat gangguan di dalam otaknya yang bersifat progresif atau perlahan.

Kunyit memiliki kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang mampu mencegah timbulnya penyakit alzaimer.

Mengobati demam pada anak
Kunyit dapat membantu mengobati demam pada anak, caranya :
Ambil 1 ruas kunyit ukuran 20 cm, cuci bersih lalu parut atau tumbuk sampai halus. Setelah itu peras kunyit dalam wadah dan beri madu 1 – 2 sdm agar rasanya manis.

Menyembuhkan Luka
Kunyit mengandung bahan antiseptik dan bahan antibakteri yang baik dalam proses penyembuhan luka. Kandungan tersebut sangat bak digunakan sebagai disinfektan baik luka biasa maupun luka bakar.

Mengobati gatal-gatal pada kulit
Kunyit dipercaya mampu mengatasi gatal pada kulit, caranya ambil 1 ruas kunyit, cuci bersih lalu tumbuk bersama cengkeh dan bunga melati sampai halus. Kemudian balurkan di tempat yang gatal.

Mengatasi keputihan
Rebus kunyit seukuran ibu jari dan tambahkan ¾ cangkir air asam jawa. Saring air rebusan kunyit tersebut dan minum setiap hari.

Mencegah diabetes
Kandungan kurkumin dalam  kunyit dapat mengurangi resistansi insulin sehingga mampu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Mengatasi anemia
Anemia adalah kondisi dimana jumlah kandungan hemoglobin atau darah merah dalam tubuh berkurang. Dan salah satu zat penting dalam proses pembentukan darah merah adalah zat besi.

Mengurangi bekas jerawat, mencerahkan dan mengangkat sel sel kulit mati
Berikut cara mengurangi bekas jerawat dengan menggunakan kunyit :
Siapkan bubuk kunyit, 2 sdm air lemon, dan air
Campurkan semua bahan menjadi satu sampai membentuk pasta
Cuci bersih muka sebelum menggunakan pasta kunyit
Setelah itu aplikasikan ke bekas jewatan
Diamkan selama 15 – 20 menit sampai pasta mengering
Cuci dengan air bersih

Mengatasi Tumit Pecah-Pecah
Campurkan 2 sendok bubuk kunyit dan 3 sdm minyak kelapa, aduk sampai rata kemudian lumuri pada tumit yang pecah – pecah , diamkan selama 15 menit.



Disamping banyaknya manfaatnya yang banyak, kunyit juga memiliki efek samping pada tubuh apabila mengkonsumsinya lebih dari 1.500 mg perhari. Karna dapat mengakibatkan beberapa efek atau dampak negatif dibawah ini :
  • Memiliki efek antiplatelet atau anti pembekuan darah dan mampu berinteraksi dengan obat dengan efek yang sama
  • Konsumsi dalam jangka panjang dan berlebih dapat mengiritasi mukosa lambung
  • Detak jantung menjadi tidak normal
  • Rekasi alergi
  • Ganguan pada kantung empeedu
  • Gangguan hati
  • Mengurangi kesuburan pada pria
  • Dan lainnya


Untuk mendapatkan khasiat dari kunyit sebaiknya jangan mengkonsumsinya berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan.


SALAM HANGAT,












Sumber info :
Dinkes.sanggau.go.id
Wikipedia
Manfaat.co.id


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon