Friday, January 20, 2017

5 Cara Mengatasi BadMood Tanpa Hangout


Bunda, menjadi ibu rumah tangga penuh itu bukan hal yang mudah, apalagi kalau sudah memiliki momongan. Setiap hari melakukan banyak pekerjaan dari mulai mencuci baju, membereskan rumah, mencuci piring, memasak, memandikan anak dan tumpukan pekerjaan lain yang sepertinya tidak pernah habis.

Tapi bersyukurlah wanita diciptakan Tuhan dengan kemampuan yang luar biasa, sehingga banyak ibu rumah tangga yang bisa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Jadi bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.


Meskipun begitu, kelemahan terbesar dari seorang wanita adalah emosinya yang cendrung tidak stabil apalagi kalau sudah letih atau stress. Seorang ibu rumah tangga yang bekerja 24 jam penuh untuk keluarganya, stress dan letih sudah menjadi nama tengahnya mungkin.

Kebanyakan dari ibu rumah tangga saat letih dan stress akan melampiaskan kemarahannya tanpa alasan yang jelas, hanya karna hal sepele saja terkadang bisa menimbulkan kemarahan. Dan faktanya hanya beberapa persen suami yang bisa mengerti bahwa istrinya dalam kondisi letih atau stress. Dan kemarahannya yang dianggap kurang rasional oleh pasangannya bisa menjadi pemicu pertengkaran yang membuatnya jauh lebih merasa tertekan.

Akan tetapi tidak selamanya saat kita merasa stress dan letih kita bisa keluar untuk menghilangkannya, apalagi seorang ibu rumah tangga yang harus membawa anaknya ikut.  berikut ada beberapa tips untuk ibu rumah tangga atau wanita yang sedang letih dan stress agar tidak memicu keadaan yang lebih buruk :


1.       Santai sejenak di sela-sela pekerjaan

Sering kali melihat rumah berantakan itu nyaris membuat kepala pecah dan membuat kita ingin marah-marah. Oleh karna itu setelah bekerja 1 -2 jam, istirahatkan sejenak tubuh dengan bersantai sambil mengecek beberapa artikel di handphone, menonton TV atau apapun yang intinya memberikan waktu untuk tubuh anda sekitar 10 -15 menit untuk beristirahat setelah melakukan banyak aktifitas.
Hal ini juga bisa mengistirahatkan kerja jantung dan mengatur ulang pernafasan sehingga tubuh menjadi lebih ringan saat harus kembali beraktifitas.

2.       Komunikasikan dengan pasangan

Dalam sebuah hubungan komunikasi itu penting, karna dengan komunikasi kita bisa tau apa yang dirasakan pasangan, apa yang diinginkan dan hal-hal lain yang tidak bisa kita ketahui hanya dengan melihat.

Komunikasikan dengan pasangan anda apabila anda sedang letih atau stress dan berikan sedikit alasan mengapa anda bisa seperti itu . jangan lupa berbicara dengan bahasa yang baik agar tidak memincu konflik yang akan membuat anda semakin stress
Selain itu dengan berkomunikasi pasangan anda dapat mengerti dan memberikan ruang atau waktu untuk anda bisa beristirahat

3.       Mendengarkan musik atau  lainnya yang membuat anda rileks

Saat letih setelah mengerjakan banyak pekerjaan cobalah untuk mengistirahatkan badan anda, cukup memposisikan diri dengan nyaman. Kemudian mendengarkan musik kesukaan ,lagu keagamaan atau murottal alquran bagi yang muslim.
Menurut penelitian musik  yang lebut dapat membuat tubuh kita menjadi rileks, mengurangi tekanan darah dan meningkatkan semangat. Jadi musik kesukaan anda menjadi pilihan terbaik setelah lelah beraktifitas

4.       Menikmati minuman favorit

Saat bersantai optimalkan dengan minuman favorit anda misalkan jus buah, kopi , teh atau minuman lainnya yang anda sukai. Tapi alangkah lebih baiknya meminum minuman yang bisa menggantikan cairan dalam tubuh setelah lelah beraktifitas seperti air putih atau jus buah .
Ada beberapa orang bisa rileks dengan mengkonsumsi minuman berkafein, tapi ingat ya  jangan berlebihan. Efek kafein yang berlebih tidak baik untuk tubuh , meningkatkan kerja jantung yang akan membuat anda semakin susah tidur, gangguan lambung dan tentunya akan sulit untuk beristirahat nanti.

5.       Masker dan lulur sendiri dirumah

Setelah letih dengan semua pekerjaan biasanya wajah dan tubuh menjadi ikut tidak bergairah. Saat santai luangkan waktu 30 – 60 menit dirumah dengan melakukan perawatan sendiri tanpa harus ke salon.
Cukup membeli lulur atau masker siap pakai dan gunakan sambil mengistirahatkan badan. Atau bunda juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada didapur seperti tomat, lemon, minyak zaitun dan lainnya.

Jadi bunda, saat kita letih dan stress kita hanya membutuhkan sedikit komunikasi dan “ Me time” yang tetap bisa dilakukan dirumah, agar mood kita tetap terkontrol dengan baik. Karna ibu adalah surga bagi penghuni rumah, saat ibu bahagia semua orang dirumah akan merasa bahagia.






Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi