Friday, January 20, 2017

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk kecantikan






Kemiri adalah salah satu bumbu dapur yang sering kita pergunakan sehari-hari untuk memasak. Tapi selain sebagai bumbu dapur kemiri juga bisa dipergunakan sebagai produk kecantikan.



Kemiri atau nama latin Aleurites Moluccana, di dalam bijinya mengandung 60 -66% minyak yang mengandung saponin, falvonoida, polifenol serta zat gizi mikro seperti protein , lemak dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Dan kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B1, folat, serta fitosterol yang dipercaya mampu menghambat pembentukan  korestrol.


Menyuburkan Rambut

setiap orang khususnya wanita pasti mendambakan rambut yang sehat dan lebat. Akan tetapi kebanyakan dari mereka malah mengalami rambut rontok dan tipis sehingga merusak rasa percaya diri. Minyak kemiri sejak dahulu memang dipercaya sebagai salah satu penyubur rambut alami. Karena mengandung protein yang baik bagi pertumbuhan rambut.
caranya, usapkan minyak kemiri ke seluruh bagian rambut, termasuk ke akar rambut, diamkan selama semalaman. esok paginya bilas rambut dengan shampo sampai bersih.



Menghitamkan Rambut

Selain untuk menyuburkan , minyak kemiri juga dapat menghitamkan rambut dengan pemakaian yang teratur. Berbeda dengan penggunakan bahan kimia atau semir rambut yang dapat dilihat hasilnya secara instan. Penggunaan minyak kemiri memang terbilang cukup lama untuk melihat hasilnya , akan tetapi rambut lebih sehat, subur, dan hitam alami bila dibandingkan menggunakan produk kimia. Selain itu penggunaan semir rambut juga dapat mengakibatkan rambut kering, pecah - pecah, rontoh dan bahkan iritasi akibat paparan bahan kimia.




Mengatasi rambut Rontok

rambut rontok biasanya dikarenakan karena rambut terlalu sering diikat secara ketat, kurangnya asupan oksigen kedalam kulit kepala, atau memang rambut kurang nutrisi sehingga mengakibatkan rambut rapuh dan mudah rontok. Jika sudah teradi hal seperti ini, volume rambut akan berkurang bahkan terancam mengalami kebotakan.

Untuk mengatasinya, bunda bisa menggunakan minyak kemiri . caranya sama dengan cara diatas, mudah saja. usapkan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala, pijat dengan lembut kepala kurang lebih selama 10 sampai 15 menit, kemudian diamkan semalaman. Esok paginya cuci rambut dengan shampo dan bilas sampai bersih. lakukan sampai rambut rontok berkurang.



Menghilangkan ketombe

cara menghilangkan ketombe hampir sama dengan cara diatas, yaitu usapkan minyak kemiri pada akar rambut dan kulit kepala, pijat selama kurang lebih 15 menit. Kemudian gunakan sisir dengan gerigi kecil untuk mengangkat kerak ketombe pada kulit kepala. Diamkan selama beberapa jam, kemudian cuci rambut dengan sampo dan bilas sampai bersih.


Memperlambat Timbulnya Uban


Sebelum mengaplikasikan minyak kemiri di rambut sebaiknya rambut dalam keadaan bersih sehingga minyak kemiri mudah meresap kedalam kulit kepala. 




Selain bermanfaat sebagai penyubur rambut, minyak kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan antara lain :



Merawat kecantikan kulit

Caranya dengan mengoleskan minyak kemiri ke seluruh badan sebelum tidur, minyak kemiri mampu menjaga kulit tetap lembab, dan mampu mergenerasi sel pembentukan sel-sel jaringan kulit sehingga kulit tetap kencang dan kenyal

Menebalkan alis dan bulu mata
Oleskan minyak kemiri pada alis dan bulu mata, dan diamkan beberapa jam, setelah itu bilas dengan air

Semua cara diatas adalah cara alami agar kulit dan rambut tetap sehat dan cantik. Akan tetapi perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita harapkan selain memerlukan ketekunan dan ketelatenan juga memerlukan waktu. Berbeda dengan produk kimia yang mengandung unsur-unsur tententu sehingga lebih cepat terlihat, produk-produk alami biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama akan tetapi hasilnya bisa kita rasakan dalam jangka waktu yang lama.

anda juga bisa membuat minyak kemiri sendiri dirumah karena lebih dijamin keasliannya, cek Cara Membuat Minyak Kemiri sendiri dirumah





SELAMAT MENCOBA




Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi