Thursday, January 19, 2017

Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri Dirumah


Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri Dirumah

Bunda Kemiri merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kita gunakan dalam masakan kita sehari - hari. kemiri atau nama latinnya Aleurites Moluccana selain sebagai bumbu dapur atau rempah - rempah minyak kemiri juga sering dipergunakan sebagai obat , atau bahan baku produk perawatan kecantikan.

Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari minyak kemiri sebagai produk perawatan kecantikan loh bunda, antara lain ;

UNTUK MENYUBUKAN RAMBUT

memang sudah menjadi rahasia umum bahwa kemiri dapat menyuburkan rambut. cara penggunaannya pun tergolong cukup mudah, cukup ambil minyak kemiri dan usapkan ke rambut sampai merata. lebih baik penggunaan ini dilakukan pada waktu malam, saat tubuh istrihat sehingga vitamin yang terkandung dalam minyak kemiri dapat meresap sempurna kedalam kulit kepala. Diamkan selama semalaman, esok paginya cuci bersih rambut dengan sampo dan jika perlu gunakan conditione agar rambut lebih lembut dan mengurangi bau.
pemakaian minyak kemiri ini dapat dilakukan seminggu 2 sampai tiga kali.


MENGATASI RAMBUT RONTOK DAN MENUMBUHKAN RAMBUT

tidak hanya menyuburkan rambut tapi juga dapat mengatasi dan menumbuhkan rambut yang rontok. caranya sama seperti diatas, usapkan minyak kemiri di kulit kepala kemudian pinjat perlahan, diamkan selama beberapa jam. kemudian cuci rambut dengan shampo sampai bersih.
ulangi terus penggunaannya secara rutin sampai rambut rontok berkurang.


MENGHITAMKAN RAMBUT

minyak kemiri juga dipercaya dapat menghitamkan rambut, tapi metode yang satu ini terbilang memerlukan kesabaran yang ekstra. karna tidak seperti pewarna rambut instan kebanyakan yang hasilnya cepat terlihat. menghitamkan rambut menggunakan minyak kemiri memerlukan waktu berbulan bulan mungkin, akan tetapi hasilnya tentu lebih baik. Selain memiliki rambut yang hitam , juga membuat rambut berkilau dan tentunya tidak kering .

jika bunda memiliki waktu cukup untuk melakukan perwatan ini sendiri dirumah, aku sarankan lebih baik menggunakan minyak kemiri . karena hasilnya lebih memuaskan dan lebih tahan lama.


MENGHILANGKAN KETOMBE

ketombe adalah salah satu masalah rambut yang dapat mengurangi rasa percaya diri. ketombe biasanya disebabkan oleh banyak faktor antara lain kulit kepala yang kering, kondisi kulit kepala yang kotor, sisa sampo yang tertinggal akibat kurang bersih dalam mencuci rambut ,  stress sampai ke faktor makanan. Tentunya setiap orang yang berketombe memiliki faktor pemicu yang berbeda - beda. 

Nah jika bunda termasuk orang yang memiliki masalah ketombe sebaiknya gunakan minyak kemiri ini untuk mengatasi ketombe. caranya uleskan minyak kemiri pada kulit kepala sampai merata, diamkan selama beberapa menit, kemudian pijat. Jika memang memiliki kerak ketombe pada kulit kepada yang sulit diangkat, gunakan sisir dengan gerigi yang rapat untuk membantu mengangkatnya.

ulangi terus penggunaan minyak kemiri sampai ketombe berkurang. sebaiknya diimbangi juga dengan pola makan yang baik dan sehat sehingga membatu penyembuhan dari dalam.


MELEBATKAN ALIS DAN BULU MATA

minyak kemiri bukan hanya dapat menyuburkan rambut dikepala tetapi juga rambut atau bulu di bagian lain, seperti alis , bulu mata bahkan kumis dan jenggot. caranya adalah dengan mencarpurkan minyak kemiri dengan 1 sdm getah lidah buaya kemudian oleskan ke bulu mata, alis , kumis ataupun jenggot.

Dari banyak sekali penjelasan diatas tentang manfaat minyak kemiri tentunya bunda tertarik memanfaatkan minyak kemiri kan ?. Nah bunda bisa membuatnya sendiri dirumah , dengan biaya yang cukup murah, dibandingkan harus membellinya diluar.

selain itu jika kita membuatnya sendiri dirumah, kita mengetahui pasti bahwa minyak kemiri yang kita buat 100% asli tanpa campuran dan tambahan bahan kimia apapun.


Kemiri
Berikut bahan-bahan yang diperlukan :

500 Gram kemiri atau disesuaikan dengan kebutuhan bunda
300 ml air


Alat yang diperlukan :

Blender
Saringan
Dan kain tipis
Penggorengan / telflon
wadah


CARA MEMBUATNYA :

  • Blender kemiri dengan campuran air sampai halus, setelah halus masukkan kemiri kedalam wadah
  • Saring kemiri yang telah di blender , setelah semua air habis, tambahkan air kembali kedalam ampas kemiri, lakukan sampai 2 x agar semua sari pati kemiri keluar
  • Setelah itu masak air perasan kemiri itu sampai keluar minyak
  • Setelah minyak keluar dan ampas kemiri mengeras dan berwarna kecolatan, angkat dan biarkan dingin
  • Setelah minyak kemiri dingin, saring minyak kemiri menggunakan kain halus, ampas kemiri yang berada di penggorenganpun harus diperas karna mengandung banyak minyak juga
  • Setelah itu, taruh di dalam botol


Mudah kan bunda cara membuatnya,

Dalam 500 gram kemiri kira kira kita bisa mendapatkan sekitar 200 ml minyak . Tapi bisa lebih atau kurang bergantung pada kualitas kemiri dan kekuatan tangan bunda dalam memeras santan kemirinya.



Jadi, SELAMAT MENCOBA YA BUNDA


Salam sayang



Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi