Thursday, January 19, 2017

Cara Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Vas Bunga Cantik

Tags

Cara Daur Ulang Botol Bekas Menjadi Vas Bunga Cantik


Bunda, tidak bisa kita pungkiri sampah rumah tangga adalah sumber sampah terbesar. Bukan hanya sampah basah seperti sisa makanan, sayur-sayuran, kulit bawang dan sebagainya juga didominasi oleh plastik dan botol – botol bekas. Kebanyakan dari kita membuangnya, akan tetapi yang perlu kita ketahui bahwa sampah-sampah tersebut memerlukan waktu yang lama agar bisa hancur. Dan jika itu terus menerus terjadi, selain mengakibatkan polusi tanah, juga bisa menyebabkan pencemaran air dan udara disekitar tumpukan sampah tersebut.


Meskipun sekarang banyak orang yang sudah mulai mengumpulkan sampai plastik, botol dan besi untuk di daur ulang . Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba mendaur ulang sampah-sampah tersebut menjadi barang yang masih bisa dipergunakan atau bermanfaat untuk kita daripada dibuang sebagai sampah.

Kali ini saya akan mendaur ulang botol bekas menjadi vas bunga yang cantik. Botol bekas yang dipergunakan bisa botol bekas sambal, kecap, sirup atau botol bekas lainnya. Karena selain dapat mempercantik rumah, juga dapat mengurangi sampah rumah tangga. Selain itu membuat supply kebutuhan oksigen disekitar rumah tercukupi sehingga rumah menjadi sejuk dan sehat

Bunda bisa menaruh vas bunga ini di ruang tamu, dapur, atau tempat - tempat lain sesuai dengan keinginan bunda. saran saya, pilih botol dengan bentuk yang bagus atau menarikd. jika memang bunda tidak ingin mengecatnya juga tidak masalah. cukup bersihkan botol dari sisa sisa kertas atau plastik yang menempel. untuk memudahkannya bunda bisa merendam botol yang akan digunakan kedalam air selama beberapa jam, agar mudah menguliti kertas yang menempel pada botol.

Berikut bahan – bahan yang diperlukan :

Botol bekas
Tanaman ( saya menggunakan Sirih Gading Kuning )
Media tanam ( Tanah / Air, disesuaikan dengan jenis tanaman)
Kuas cat ukuran sedang
Kuas cat lukis ukuran kecil
Cat berwarna ( warna sesuai selera)

CARA MEMBUAT :

  • Bersihkan botol bekas dari kotoran, buang label kertas atau plastik yang menempel pada botol
  • Kemudian lap, dan keringkan sampai tidak ada air yang menempel pada botol
  • Cat seluruh permukaan botol dengan warna yang bunda inginkan, saya menggunakan cat dasar berwarna coklat
  • Setelah cat dasar kering, berikan motif dengan warna cat yang berbeda, kemudian keringkan kembali
  • Setelah semua cat kering, isi botol dengan media tanam baik tanah ataupun air, saya menggunakan air sebagai media tanam untuk jenis tanaman sirih gading kuning yang bisa hidup didalam air maupun di tanah. Selain itu sirih gading juga tidak membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak untuk tumbuh.
  • Setelah memasukkan tanaman kedalam botol, botol bisa langsung ditempatkan sebagai hiasan  ditempat-tempat yang bunda inginkan.



Mudahkan bunda cara membuatnya ?


SELAMAT MENCOBA

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi