Tuesday, January 10, 2017

Hari Pertama Sekolah Paud


Awalnya mencari sekolah untuk usia dia cukup sulit, karna memang terbilang nanggung. Terlebih baik aku dan ayahnya ingin segera menyekolahkannya agar dia cepat bisa berinteraksi, masalahnya kebanyakan sekolah membuka pendaftarannya di bulan April – Mei. Ada beberapa sekolah yang menerima pendaftaran bebas tapi Uang Pendafaran dan uang lain-lainnya cukup mahal sampai jutaan rupiah. Sebenarnya tidak ada rasa sayang untuk anak, tapi untuk aku dan suami khususnya lebih memilih sekolah lain dengan standar pendidikan yang bagus dan harga yang terjangkau.


Setelah berminggu minggu menimbang dan mencari sekolah yang bagus dan dan sesuai dengan beberapa persyaratan dari kami untuk Rio, akhirnya aku dan suami memutuskan menyekolahkanya di PAUD Nurud da’wah. Dari namanya saja sudah terlihat basic yang diajarkan adalah pendidikan agama islam tentunya. Apalagi untuk seumuran rio yang baru menginjak usia 2,5 tahun materi pembelajarannya bukan membaca, menulis dan berhitung ( CALISTUNG) akan tetapi lebih ke arah pengenalan angka, warna huruf dan meningkatkan sensor motorik dengan kreatifitas seperti menempel dan mewarnai.

Sebelumnya, hari senin aku sempat datang dan melihat cara anak-anak belajar. Ruang kelasnya ada 3 untuk Paud ( anak usia 3-4 tahun), untuk TK A ( Usia 4 – 5 Tahun), dan TK B( Usia 5 -6 Tahun). Penggolongan kelas ini sangat membantu karena cara pengajaran usia 3 tahun tidak bisa disamakan dengan anak usia 5 tahun, dan karena sistem pembelajaran sesuai pengelompokan usia inilah aku mantap menyekolahkannya disini.

Hari pertama rio masuk ke sekolah awalnya terlihat lancar. Datang jam 7:30 pagi sesuai dengan instruksi gurunnya tapi pas datang malah belum banyak anak yang hadir, baru ramai sekitar jam 8:00 pagi. Setelah melakukan pendaftaran sekitar Rp. 215.000 termasuk seragam dan uang SPP 1 bulan, rio mendapatkan 1 seragam olah raga yang agak kebesaran...

Eheh...

Maklum memang stok baju untuk anak usia yang cukup besar, sedangkan rio masih menggunakan ukuran bayi. Oh ya biaya SPP disini juga cukup murah yaitu Rp. 40.000/ bulan. Dengan jam belajar senin sampai dengan jumat jam 8 – 10 pagi. Kalau dikalkulasikan sebulan sekitar 25 hari biaya perharinya yaitu sekitar Rp. 1.600 saja. Ironi memang ya guru dibayar serendah itu padahal jasa dan kesabarannya sangat besar untuk anak-anak kita. Doakan saja semoga para guru disini diberikan rizqi dari jalan yang lain oleh Allah SWT, Amien.

Pagi jam 8:00 lonceng berbunyi keras, anak-anak yang lain serentak berlarian menuju aula masjid yang berada tepat di depan kelas. Mereka berbaris membentuk barisan panjang dan para guru mulai mendendangkan lagu lagu yang berkonteks islami dalam bahasa indonesia, tak lupa mars santriwan santriwati yang waktu aku kecil juga sempat mengikrarkannya saat duduk di TPA ISLAM AT-TOYYIBAH dan doa-doa lain yang beruntun diajarkan satu persatu dan diulangi oleh anak-anak dengan serentak. Sedangkan Rio, merengek dan berguling-guling dibawah kakiku, menolak untuk berbaris bergabung bersama yang lain.

Setelah sekitar 15 menit diluar akhirnya anak – anak masuk kekelas beriringan. Rio juga masuk ke kelas, disetiap kelas disini hanya diisi oleh satu orang pengajar dengan rata-rata siswa sekitar 10 sampai dengan 15 orang perkelas. Di kelas PAUD sendiri ada sekitar 10 orang.
Pembelajaran pertama adalah berdoa, doa mau belajar, kemudian pengenalan hari , angka dan kemudian dilanjutkan dengan menebalkan garis. Rio antusias sekali, meskipun guru tidak bisa memperhatikan satu persatu dalam waktu yang cukup lama, tapi cukup telaten memberikan pengarahan. Rio pun diajari cara menebalkan garis lurus. Hasilnya luar biasa , saking antusiasnya rio membuat garis di area yang tidak ada titik titiknya. Jam 9:00 istirahat, anak-anak diberikan kebebasan untuk bermain selama 30 menit . ada yang makan, ada yang jajan, ada yang berlarian di aula masjid dan ada yang bermain di permaianan yang disediakan meskipun tidak banyak tapi cukup menghibur. Karna  rio sudah dibiasakan sarapan sejak kecil, istirahat hanya dihabiskan untuk bermain dan belajar berinteraksi ke anak-anak lainnya.

Saat kembali ke kelas, anak-anak PAUD belajar mewarnai . dari pagi sampai jam akhir sekolah disela sela pembelajaran  anak-anak mengaji bergantian, setelah itu baru mengerjakan tugas yang diberikan ada juga yang mengerjakan tugas terlebih dahulu baru kemudian mengaji. Karna ini hari pertama rio masuk sekolah, rio belum memiliki IQRO 1. Mudah-mudahan besok sudah bisa mulai mengaji seperti anak-anak lainnya.

Sebagai orang tua mungkin saya bisa saja mengajarkan apa yang gurunya ajarkan disekolah dan saya praktekkan dirumah. tapi kepintaran itu bukan soal mengenal angka dan huruf, kepintaran emosional (EQ) juga penting dan itu tidak bisa dibangun hanya dengan keluarga tapi juga interaksi dengan teman sebaya dan orang lain. Dan oleh karna itulah kenapa saya menyekolahkan anak saya di usia 2,5 tahun, saya tidak terlalu menekankan soal baca tulis, karena tujuan utama saya dan suami saya adalah agar anak saya bisa berinteraksi dengan teman sebayanya dengan baik. Dan akhirnya mau dan belajar berbicara karena untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya rio harus berbicara, berbeda hal dengan orang tuanya rio hanya memberikan isyarat atau sedikit kata maka akan dipenuhi keinginannya.

Amien...

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi

1 komentar so far

ASSALAMU ALAIKUM WR,WB.
PERKENALKAN NAMA SAYA MBAK DEWI DULUNYA SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HIDUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT KOMENTAR PARA PEMENANG YANG SAAT INI SUDAH BERHASIL, NOMOR EYANG JOYO KARTOYO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN DISITULAH SAYA MENCOBA MENGHUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DAN KEMUDIAN SAYA MEMINTA REJEKI KEPADA BELIAU, DAN ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN EYANG JOYO KARTOYO MEMBERIKAN ANGKA RITUAL KEPADA SAYA, DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DI NOMOR 085-211-977-346 NOMOR RITUAL EYANG JOYO KARTOYO MEMANG TIDAK DUANYA DIJAMIN 100% TEMBUS


EmoticonEmoticon