Saturday, January 21, 2017

Kandungan dan Manfaat Es Krim untuk Anak



Bunda, dalam kesehariannya anak kita sering kali mengkonsumsi es krim. Terkadang menjadi orang tua khususnya seorang ibu ketika anak mengkonsumsi es krim timbul banyak sekali ke khawatiran, takut batuklah, takut pileh lah, dan segala macam ke khawatiran lain yang membuat kita terkadang melarangnya.


Mungkin pernah terbersit keinginan bunda untuk membuat es krim sendiri dirumah yang sudah terjamin aman dan sehat tapi pekerjaan rumah yang menumpuk menjadi halangan tersendiri yang sulit di hindari. 

Jadi bunda, daripada berlarut larut dalam ketidak tahuan yang akhirnya membuat ke khawatiran kronis lebih baik pelajari lebih dalam kandungan ice cream, manfaat dan seberapa banyak anak kita dapat mengkonsumsinya.

Es krim sendiri termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim di antaranya:

Lemak susu,
padatan susu tanpa lemak (skim),
krim,
gula pasir,
bahan penstabil,
pengemulsi,
dan pencita rasa.

Dan setiap komposisi gizi per 100 gram es krim yang menonjol adalah energi (207 kkal), protein (4,0 g), lemak (12,5 g), karbohidrat (20,6 g), Kalsium (123 mg), fosfor ( 99 mg), Vitamin A ( 520 IU), Vitamin B1(0,004 mg), Vitamin C ( 1 mg).

Akan tetapi beberapa kandungan gizi dan vitamin diatas bergantung kepada bahan baku yang digunakan. Sekarang ini banyak sekali varian es krim bukan hanya coklat, vanila dan strobery tapi juga sudah marak es krim dengan rasa buah – buahan bahkan rasa permen karet. Jadi sebelum membeli ada baiknya bunda mempertimbangkan jenis es krim yang dikonsumsi.  Jangan karna murah, atau enak lantas serta merta memberikannya kepada si kecil. Jika bunda tidak begitu faham dengan kandungan gizi atau tidak ingin repot merisetnya, cukup memilih es krim dengan label BPPOM. Dimana berarti es krim tersebut sudah lolos uji laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan, jadi aman di konsumsi.

Dari komposisi diatas es krim memiliki manfaat , antara lain :

Mencegah esteoporosis
Esteoporosis adalah satu penyakit dimana kepadatan massa tulang menurun yang disertai penurunan kualitas jaringan tulang yang menimbulkan kerapuhan pada tulang. Esteoporosis umumnya baru akan diketahui setelah ditemukan keretakan pada tulang penderita, penyebabnya bisa bermacam-macam baik jatuh, terbentur dan lain sebagainnya.

Kandungan kalsium pada susu membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada tulang dan gigi anak kita bunda. Jadi tidak mudah rapuh dan keropos.

Menjaga kekebalan tubuh
Dalam es krim mengadung susu yang kaya akan laktoferin dan sitokin, jadi mengkonsumsi es krim dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit termasuk influenza. Jadi es krim tidak menyebabkan pilek dan bantuk ya bunda, selama kualitas es krim tersebut memang baik dan dikonsumsi pada saat yang tepat.

Tidak membuat kegemukan
Es krim memang mengadung lemak jenuh, sehingga banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi es krim bisa menyebabkan kegemukan. Padahal lemak dari satu cup es cream hanya sekitar 10% dari kebutuhan kalori tubuh kita.
Tapi lain hal jika mengkonsumsi es krim melebihi kalori tubuh kita dan tidak diimbangi dengan berolah raga, mungkin kasus tersebut bisa saja terjadi.

Sedangkan kebutuhan kalori anak  dibagi beberapa kelompok sebagai berikut :

Usia 2 – 3 tahun 1.000  sampai dengan 1.400 kalori perhari
Usia 4 – 8 tahun 1.200 sampai dengan 2.000 kalori perhari
Usia 9 – 13 tahun 1.400 sampai dengna 2.200 kalori perhari

Akan tetapi kalori yang dibutuhkan satu anak dengan anak yang lain tidak selalu sama, bahkan anak kembar sekalipun. Kebutuhan kalori ditentukan oleh jenis kelamin dan aktifitas yang dilakukan anak tersebut. Semakin banyak aktifitas yang dilakukan semakin tinggi kebutuhan kalorinya.

Jadi dengan kalori es krim sebanyak 207 kal per sajian 100 gram tidak akan menyebabkan anak mengalami obesitas bahkan membantu anak memenuhi kalorinya.


Yuk cobain Resep Es Krim Nangka yang nikmat dan sehat karna terbuat dari buah asli dan tejamin mutu dan kualitasnya karna bunda sendiri yang membuat.

Sekian penjelasan dari saya, terimakasih sudah mampir.


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi