Saturday, January 21, 2017

Khasiat Tersembunyi Dibalik Aroma Jengkol Yang Menyengat



Hai bunda, kali ini kita akan membahas tentang ...........” JENGKOL”... yeay........
Nama jengkol mungkin sudah tidak terdengar asing ditelinga kita semua ya,  jengkol sudah terkenal di pelosok negri baik bagi pecintanya maupun pembencinya karna aroma jengkolnya yang sangat khas dan menyengat. Jengkol atau nama latinnya Archidendron Pauciflorum  termasuk kedalam suku polong – polongan, kerabat pete tentunya.

Hehehe...

Nutrisi per 100 gram jengkol mengandung karbohidrat 25,6 gram, serat pangan 1,76 gram, Lemak 1,45 gram dan Protein 14,19 gram. Selain itu jengkol juga mengandung viamin A, Vitamin B6, Vitamin B2,B12 , Vitamin C, Zat besi 4,7 gram , kalsium , fosfor dan Asam jengkolat yaitu sebuah asam amino yang dapat menyebabkan dhenkolism atau keracunan jengkol. Atau orang sunda menyebutnya jengkoleun.

Selain rasanya yang khas bagi pecintanya ( termasuk saya), jengkol juga memiliki beberapa manfaat antara lain :


Mengontrol gula darah
Dengan mengkonsumsi jengkol, fruktosa atau disebut fruit sugar  yang terdapat dalam aliran darah di dalam tubuh dapat terurai dengan baik. Sehingga tidak terjadi penimbunan  gula berlebih.


Menjaga kesehatan Jantung koroner

Menangkal radikal bebas
Kandungan antioksidan yaitu vitamin A dan Vitamin C dalam jengkol memberikan efek positif pada tubuh yang menghalau toxin dan racun masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam jengkol baik untuk mengatasi dan mencegah kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh atau anemia.

Mencegah tulang Keropos dan membantu memperkuat tulang dan gigi

Mencegah diabetes

Mengatasi sembelit



Tapi dengan manfaat yang dijabarkan diatas tidak lantas serta merta membuat kita mengkonsumsi jengkol dengan memabi buta untuk mendapatkan manfaat tersebut. Karna konsumsi jengkol berlebihpun bisa menyebabkan beberapa masalah seperti :

Bau Menusuk pada mulut dan Urin
Penyebab bau menusuk berasal dari asam amino yang terkadung dalam biji jengkol. Asam amino yang terkadung di dalamnya didominasi oleh kandungan sulfur. Jadi ketika terdegrasi atau terurai maka akan menghasilkan komponen flobue yang memiliki bau menyengat.

Menyebabkan penyakit jengkolan
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa jengkol mengandung asam jengkolat yaitu yaitu sebuah asam amino yang dapat menyebabkan dhenkolism atau keracunan jengkol. Struktur asam jengkolat mirip dengan asam amino ( pembentuk protein) akan tetapi asam jengkolat tidak dapat dicerna oleh tubuh. 

Kandungan asam jengkolat dalam biji jengkol dapat menyebabkan gangguan kesehatan dikarenakan terbentunya asam jengkolat yang tidak dapat dicerna dibuang melalui urin dan akhirnya menumpuk dan membentuk kristal. Jika kristal tersebut menumpuk semakin banyak maka biasanya orang yang mengkonsumsi jengkol terlalu banyak akan kesulitan saat buang air kecil. Bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan gangguan ginjal dan prostat.

Wah mengerikan sekali ya, dibalik rasanya yang enak juga tersimpan penyakit yang mengintai. Jadi cara terbaik mengkonsumsinya adalah JANGAN BERLEBIHAN. Karna segala sesuatu yang belebihan memang tidak baik.
Tapi tidak ada salahnya sesekali memasukkan jengkol kedalam menu makanan kita, yuk intip resepnya bagaimana membuat olahan jengkol nikmat yaitu Resep Semur Jengkol Khas Betawi



Oke, demikian pembahasan kita tentang jengkol, terimakasih sudah mampir dan membaca.


SALAM HANGAT,


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi