Friday, January 06, 2017

Resep dan Cara Membuat Gulai Tongkol

Tags

Suamiku suka banget makan ikan, apalagi ikan tongkol dan gurame. biasanya kalau beli ikan tongkol aku masak balado. Cuma karna kemarin hampir ribut sama tukang cabe gara-gara beli cabe 5.000 malah disuruh tanem sendiri jadi males.
nanem sendiri sih boleh, tapi mau masak sekarang cabenya baru tumbuh 5 bulan kemudian...
wassalam deh masakan saya..




ahhh.. jaadi curcol...

Meskipun memang sebenernya kurang suka tongkol karena dagingnya yang cukup keras tapi bukan berarti gak mau makannya ya. Ya mungkin satu dua potong masih oke.

Aku pernah baca beberapa artikel di internet, ternyata Ikan Tongkol banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang baik buat tubuh. Jadi gak ada salahnya sesekali makan walaupun gak banyak.

daripada banyak ngomong, langsung cus aja yuk bunda ke resepnya.


Resep dan Cara Membuat  Gulai Tongkol


BAHAN DAN BUMBU ;

Ikan tongkol segar 1 ekor ukurang sedang
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 4 siung
Cabai merah 6 buah
Kunyit 5 cm
Tomat ½ buah
Cabai rawit 5 buah atau sesuai selera
Lengkuas 2 cm geprek
Jahe 1 cm geprek
Serai 1 buah geprek
Daun salam & daun jeruk
Garam, gula, penyedap rasa (jika suka)
Minyak untuk menumis
Air secukupnya



CARA MEMBUAT :
  • Haluskan : bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat dan kunyit. sisihkan
  • Tumis bumbu yang sudah dihalukan dengan minyak panas, sampai harum dan berubah warna kemudian masukkan lengkuas, serei, jahe, salam dan daun jeruk
  • setelah itu masukkan air, tunggu sampai mendidih
  • Masukkan cabai rawit dan ikan, masak sampai ikan matang
  • Beri galam, gula dan penyedap rasa ( jika suka), cicipi
  • Setelah rasanya pas dan kuah menyusut, angkat dan sajikan



SELAMAT MENCOBA BUNDA


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon