Wednesday, January 04, 2017

Resep dan Cara membuat sambal Goreng Ati Nikmat

Tags

Resep dan Cara membuat sambal Goreng Ati Nikmat
Resep dan Cara membuat sambal Goreng Ati Nikmat


Bunda kita biasanya para perempuan suka banget sama makanan yang pedes-pedes ya.  Kalau aku sih khususnya, masakan pedes itu bisa menambah selera makan dari yang makan setengah piring bisa jadi setengah liter.... hoala itu sih kebangetan.

Olahan yang satu ini juga gak kalah enak, yaitu sambal goreng ati . siapa yang gak tau makanan ini ya, udah terkenal baik didesa dan dikota. Rasanya yang pedas nikmat bikin siapapun rela makan demi makan..
Aahahah
Langsung aja ya, aku kasih resepnya.
BAHAN DAN BUMBU
Ketang 500 gram, kupas dan potong dadu ukuran 2cm x 2 cm atau sesuka bunda
Ati ampela 4 buah
Petai 100 gr atau secukupnya
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Cabai rawit 10 buah / sesuai selera
Cabai merah 15 buah
Tomat 1 buah ukuran sedang
Salam 1 lembar
Jahe 1 cm geprek
Lengkuas 1 cm geprek
Gula, garam, penyedap rasa ( jika suka)
Minyak untuk menumis
Air 50 ml


CARA MEMASAK :
  • Cuci bersih ketang dan goreng sampai kecoklatan, angkat tiriskan
  • Cuci bersih ati ampela, goreng sampai berubah warna menjadi coklat hitam pekat, angkat tiriskan dan potong kecil-kecil
  • Haluskan bumbu, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat boleh diulek atau diblender, sisihkan
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak panas sampai harum kemudian masukkan salam, jahe dan lengkuas
  • Setelah harum tuangkan sedikit air, masukan ati ampela, petai dan kentang aduk rata
  • Beri gula, garam, dan penyedap (jika suka) cicipi,
  • Setelah bumbu merata dan rasanya pas, angkat dan sajikan


Tips : air yang dimasukkan jangan terlalu banyak, karna hanya agar bumbu tidak gosong saat digoreng terlalu lama bersama kentang dan ati

Wah mudah sekali kan bunda

SELAMAT MENCOBA

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon