Saturday, February 25, 2017

Lakukan Cara Ini Agar Kamu Tambah Disayang Suami

Tags
sumber gambar : https://tsd1726.blogspot.co.id/2016/07

Bunda pasti mau dong ditambah sayang suami. Setiap istri pasti juga menginginkan hal yang sama. Disayang suami pasti membuat hubungan suami istri semakin harmonis. Selain itu saat disayang suami kita juga mendapatkan perhatian lebih, mendapatkan hal-hal yang kita inginkan, dan banyak lain.. hahah (MODUS)

Bercanda ya bunda, walaupun pada akhirnya hal itu yang diinginkan. Yuk cek apa saja cara agar bisa suami tambah sayang....

Friday, February 24, 2017

Resep dan Cara Membuat Sup Sawi Bakso Ikan praktis

Tags
Resep dan Cara Membuat Sup Sawi Bakso Ikan praktis
Resep dan Cara Membuat Sup Sawi Bakso Ikan praktis


Saat cuaca dingin seperti ini paling enak memang mengkonsumsi makanan berkuah dan hangat. Tapi dilain sisi, cuaca yang mendung gerimis membuat malas. Dilema akhirnya...

Thursday, February 23, 2017

Resep dan Cara membuat Nuget Ayam yang enak dan Mudah

Resep dan Cara membuat Nuget Ayam yang enak dan Mudah

Bunda, anakku suka banget sama camilan yang satu ini. Meskipun terbilang cemilan tapi terkadang juga dijadikan lauk sarapan yang praktis dan enak. Karna tinggal goreng.. heheh...

Resep dan Cara Membuat Udang Saus Lada Hitam yang Menggoda

Tags
Resep dan Cara Membuat Udang Saus Lada Hitam yang Menggoda
Resep dan Cara Membuat Udang Saus Lada Hitam yang Menggoda

Bunda olahan udang apa yang paling bunda suka ? dari sekian banyak seafood udang adalah makanan yang cukup banyak beredar di pasar baik pasar tradisional maupun supermarket. Olahannyapun memiliki banyak varian, mulai di buat sayur, di panggang, digoreng, ditumis dan banyak lagi.

Wednesday, February 22, 2017

Resep dan Cara Membuat Gabin Goreng Isi Kentang


Gabin goreng adalah makanan dari Gabin atau kue pipih yang digapit dengan aneka ragam isi. Jaman dulu kue gabin diisi dengan tape singkong kemudian digoreng. Sekarang ini banyak variasi gabin goreng yang tak kalah enaknya salah satunya adalah Gabin Goreng Isi Kentang.

Sensasi Pedas Seblak Bupati

Tags

Sejak naik daun beberapa tahun lalu seblak yang berasal dari kota bandung mulai bermunculan di beberapa daerah sekitaran jawa bahkan di luar pulau dengan variasi bahan yang berbeda – beda.
Seblak Bupati

Resep dan Cara Membuat Gulai rebung pedas

Tags


Rebung adalah tunas bambu yang masih muda dan baru tumbuh di tanah, tapi siapa sangka si bambu muda ini cukup lezat saat diolah menjadi masakan, salah satunya adalah Gulai Rebung Pedas.


Tuesday, February 21, 2017

Cara Membuat Batagor Ayam



Bunda pasti tau Batagor kan, salah satu makanan khas bandung ini memang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang nikmat. Memang tidak jauh berbeda dengan siomay hanya saja cara mengolahnya digoreng. Wah pasti nikmat di makan saat cuaca dingin seperti sekarang.

Yuk coba buat Batagor Ayam sendiri dirumah,


( Baca Juga :  Resep Pizza Roti Tawar )




BAHAN :

250 gr Daging ayam giling
8 buah tahu kotak, belah 2, persegi/segitiga sesuai selera
secukupnya Kulit pangsit siap pakai,
200 gr tepung kanji/ tepung sagu
3 sdm bawang putih bubuk
1 butir telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, cincang kasar
Gula, Garam dan penyedap rasa ( Jika suka)

Bumbu sambal kacang :
3 butir bawang putih
2 buah kemiri sangrai
2 sdm air asam jawa
200 ml santan
5 buah cabai rawit
1 sdt cabai bubuk
100 gram Kacang tanah goreng hingga matang
2 sdm kecap manis
secukupnya garam
50 gram gula jawa, sisir halus
Gula, Garam dan penyedap rasa ( Jika suka)
Minyak untuk menggoreng



CARA MEMBUAT :
  • Masukkan daging giling dalam wadah. Campurkan dengan bawang putih bubuk, merica bubuk, garam, gula pasir. Aduk rata
  • Setelah tercampur rata, masukkan irisan daun bawang dan kocokan telur. Aduk kembali hingga rata.
  • Perlahan-lahan masukkan tepung kanji/sagu. Aduk perlahan hingga tercampur dengan baik.
  • Masukkan adonan kedalam tahu dan pangsit. Untuk memasukkan adonan ke dalam tahu, lumuri ujung jari telunjuk dengan minyak agar ketika memasukkan adonan lebih gampang dan tidak lengket.
  • Untuk membungkus adonan dengan pangsit, ambil 1 sendok makan adonan, letakkan di tengah kulit pangsit, lalu tutup dengan cara mempertemukan setiap sisi kulit pangsit.
  • Setelah selesai, tata dalam dandang/pengukus. Kukus kurang lebih 20 menit. Hingga matang. Jika telah matang, keluarkan dari pengukus sebentar, baru digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan.


BUMBU KACANG :
  • pertama haluskan kacang yang telah di goreng dengan cobek ato dengan blender, sisihkan
  • Haluskan bawang putih, kemiri, dan rawit, sisihkan
  • Panaskan minyak, tumis sebentar bumbu hingga layu, masukkan gula jawa yang telah disisir, bubuk cabai, serta air asam jawa.
  • Setelah bumbu harum masukkan santan dan aduk perlahan
  • Tambahkan kecap manis, daun jeruk dan garam secukupnya. Tunggu hingga mendidih. Cicipi rasanya hingga pas.
  • Jika telah pas dan mulai mengental, matikan api, sambal siap untuk disajikan.


SELAMAT MENCOBA







Sumber : https://web.facebook.com/Makanankhasindo

Cara Budidaya Tanaman Kamboja Tanpa Obat



Bunga kamboja atau nama latin Plumeria adalah  tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Sedikit mengejutkan, karna saya fikir tanaman ini berasal dari Negara Kamboja. Di perkirakan tanaman ini pertama kali dibawa ke Indonesia Oleh Bangsa Portugis dan Belanda pada masa penjajahan dulu.

Resep Cara Membuat Sushi Roti Tawar



Bosen dengan olahan roti tawar yang gitu – gitu aja, yuk cobain resep Sushi Roti Tawar yang dijamin enak dan tentunya sehat  karna memakai bahan – bahan yang kaya gizi. Selain itu gampang cara membuatnya.

Cek resepnya ya...

( Baca Juga :  Resep Pizza Roti Tawar , Resep Botok Roti  )

BAHAN :

6 roti tawar tanpa pinggiran
6 lembar nori
2 alpukat. Potong memanjang
150 gr ikan salmon fillet. Potong memanjang
3 telur dadar, potong memanjang
100 gr selada keriting
2 sdt blackpepper
5 sdm mayones
1 sdm saus tomat
2 sdt tobasco
⅛ gula bubuk


CARA MEMBUAT :

  • Campurkan mayones, saus tomat, tobasco, dan gula bubuk, lalu aduk rata. Sisihkan
  • Letakkan nori pada makisu atau penggulung sushi
  • Letakkan roti tawar, selada, potongan ikan salmon, telur dadar, dan potongan alpukat
  • Oleskan campuran saus yang telah dibuat dan black pepper di atasnya
  • Gulung, lalu potong menjadi 3 bagian



SELAMAT MENCOBA






Sumber : https://web.facebook.com/bukuresepz

Monday, February 20, 2017

Resep dan Cara Membuat Es Gula Segar

Tags




Bunda saat cuaca panas paling enak minum es ya, rasanya tenggorokan langsung nyoss dan segar lagi. nah buat bunda yang sedang haus boleh coba Resep Es Gula Segar yang mudah dibuat.

Cek Resepnya ya bunda

( Baca juga : Resep Mie Gulung SOSIS)


BAHAN :

2 sdm gula
1 tetes perisa pandan
1 lembar daun pandan
1 gelas air
1 bh jeruk nipis
4 sdm soda
secukupnya air mineral
secukupnya es


CARA MEMBUAT :
  • Masak air hingga mendidih tambahkan gula, perisa dan daun pandan. Aduk hingga tercampur rata
  • Campurkan gula dengan air, beri perasan jeruk nipis, berikan soda. Tambahkan es batu. Siap disajikan


SELAMAT MENCOBA





Sumber : https://web.facebook.com/RahasiaDpr

Resep Pizza Roti Tawar Praktis dan Enak



Bunda mau bikin pizza tapi repot buat adonan dasarnya yang rentan bantet. Nah cobain deh bund Resep Pizza Roti Tawar yang satu ini dijamin mudah dibuat dan pastinya rasanya gak kalah enak.

Yuk baca resepnya .....


( Baca Juga :  Resep Saus Bolognise )

BAHAN :

4 lembar roti tawar
4 potong sosis sapi/ayam
1 buah bawang bombay, iris memanjang
Keju cheddar secukupnya
100 ml saus barbeque / Bolognise
100 ml saus tomat
Mentega
Daun petterseli / daun Seledri



CARA MEMBUAT :

  • Olesi roti tawar dengan saus barbeque dan saus tomat
  • Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga layu lalu taburkan ke atas roti tawar
  • Tambahkan potongan sosis dan irisan keju
  • Kemudian panggang sampai keju diatasnya meleleh dan roti kecoklatan
  • Sajikan hangat dengan saus sambal



SELAMAT MENCOBA


Resep dan Cara Membuat Ayam Kecap

Tags
 
Ayam Kecap

Ayam merupakan bahan makanan yang banyak disukai oleh banyak orang bahkan disemua kalangan. Tak heran ada ribuan jenis masakan olahan ayam dari segala  penjuru yang rasanya enak. Salah satunya adalah Resep Ayam kecap, meskipun terdengar sederhanan tapi rasa masakan yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sunday, February 19, 2017

Resep dan Cara Membuat Sapi Lada Hitam

Tags
Resep dan Cara Membuat Sapi Lada Hitam
Resep dan Cara Membuat Sapi Lada Hitam

Daging sapi rasaya masih jadi primadona bagi sebagaian masyarakat. Pasalnya memasak daging sapi dalam jumlah banyak tidak dapat dilakukan sehari  - hari , mengingat harga daging sapi yang cukup tinggi.

Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Asin Peda

Tags
Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Asin Peda
Resep  Tim Ikan Asin Peda
Bunda, Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan atau memberikan garam dalam jumlah banyak kemudian dikeringkan menggunakan bantuan sinar matahari.

Saturday, February 18, 2017

Resep dan Cara Membuat Kerang tumis Kacang panjang

Tags
Resep dan Cara Membuat Kerang tumis Kacang panjang


Bunda, Biasanya kacang panjang dan kerang aku masak terpisah meskipun bumbunya hampir sama. Hari ini berhubung lagi males masak tapi harus masak jadi aku campurin aja masaknya biar praktis dan hemat waktu. Dan setelah di coba, rasanya gak kalah enak... bahkan double enaknya.


Selain enak ternyata kandungan gizi dari kerang ini cukup tinggi loh bunda, kerang darah merupakan salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti Zat besi, fosfor, Flour, iodium, kalsium, kalium, seng, selenium, dan lainnya. Selain itu juga kerang darah mengandung viamin seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin K, Omega 3, Vitamin B1, B2, B6 dan B 12 dan Niasin.

Jadi kerang darah sangat bagus untuk mencegah penyakit esteoporosism  karan mengandung kalsium yang cukup tinggi, Selain itu juga baik bagi pembentukan darah dalam tubuh karna mengandung zat besi. Dan ada banyak lagi manfaat lainnya.


Jadi tunggu apalagi, Cek resepnya ya  dan langsung coba dirumah bunda..
BAHAN :

200 gr kacang panjang
200 gr kerang kupas
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah
1/2 buah tomat
4 buah cabai rawit / sesuai selera
1 lembar daun salam
1 cm jahe, geprek
1 cm lengkuas, geprek
3 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
Gula, garam, kaldu ayam bubuk ( jika suka)
Air secukupnya
Minyak untuk menumis


CARA MEMBUAT :

Cuci bersih kerang darah dalam air mengalir dan buang serabut nya, kemudianPotong dan cuci bersih kacang panjang, sisihkan.

Iris bawah merah, bawang putih,  cabai merah, cabai rawit dan tomat

Panaskan minyak tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, setelah kecoklatan masukkan cabai merah, cabai rawit,  tomat, daun salam, jahe dan lengkuas.

Masukkan kecap dan saus tiram. Aduk rata kemudian tambahkan air sedikit, tunggu sampai mendidih

Setelah itu masukkan kerang dan kacang panjang, masak sampai kacang layu

Tambahkan gula, garam dan kaldu ayam  bubuk (jika suka) . Cicipi

Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng



SELAMAT MENCOBA



Friday, February 17, 2017

Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Kuning

Tags
Resep dan Cara Membuat Ikan Bandeng Bumbu Kuning
Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning Nikmat


Ikan Bandeng merupakan ikan yang memiliki daging yang empuk dan lezat, meskipun memiliki duri yang cukup banyak dalam dagingnya tapi tidak menyurutkan para pecinta ikan terutama bandeng untuk menyulapnya menjadian sajian istimewa.

Thursday, February 16, 2017

Harga dan Menu Bakul Tukul Jakarta

Tags


Sop Iga Bakul Tukul Jakarta
Aku mau share pengalamanku makan di Bakul Tukul, kebetulan yang cabang tebet semoga bisa jadi bahan referensi kuliner yang baik ya buat semua.

Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Terasi

Tags
Resep dan Cara Membuat Tumis Kangkung Terasi
Resep Tumis kangkung terasi

Bunda Tumis kangkung merupakan varian menu favorit karna selian mudah pengolahannya rasanya pun enak. Tak hayal menu sederhana ini sering masuk dafar menu masakan di beberapa restoran untuk mendapingi olahan seafood atau ayam.

Nah, menu tumis kangkung terasi satu ini juga wajib dicoba. Cek resepnya ya bunda...


BAHAN :

2 Ikat kangkung
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah
2 buah cabai rawit / sesuai selera
½ buah tomat segar
2 cm terasi yang sudah dibakar / digoreng
2 sdm saus tiram
Air secukupnya
Minyak untuk menumis
Garam, Gula dan penyedap rasa ( jika suka)


CARA MEMBUAT :

  • Siangi kangkung buang batang bagian ujungnya dan cuci sampai bersih
  • Iris bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat, kemudian tumis dengan minyak panas
  • Setelah berbau harum  masukkan terasi aduk, rata dan tambahkan saus tiram
  • Masukkan air secukupnya, tunggu sampai air mendidih
  • Setelah air mendidih masukkan kangkung dan masak sampai layu
  • Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa ( jika suka), cicipi
  • Angkat dan sajikan hangat bersama lauk lainnya


SELAMAT MENCOBA



Wednesday, February 15, 2017

Resep dan Cara Membuat Sop Ceker Nikmat

Tags
Resep dan Cara Membuat  Sop Ceker Nikmat
Resep Sop Ceker Nikmat

Bunda, musim hujan begini enaknya makan makanan hangat ya, nah Resep Sop Ceker ini memang paling pas jadi lauk saat cuaca mendung seperti sekarang ini. Selain hangat , sayurannya juga bisa memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Apalagi kalau rasanya cukup pedas ya bunda, wahh... jadi makin selera makannya. Udah... udah daripada terus membayangkan gimana nikmatnya Sop Ceker ini, mendingan langsung cek resepnya dan mulai eksekusi ya bunda.

Tuesday, February 14, 2017

Resep dan Cara Membuat Ikan Tongkol Balado

Tags
Resep dan Cara Membuat  Ikan Tongkol Balado
Resep Ikan Tongkol Balado

Ikan tongkol memang salah satu ikan yang banyak digemari, karena dagingnya yang tebal dan durinya yang besar berada ditengah sehingga tidak merepotkan saat makan. Varian olahan ikan tongkolpun sangat beragam, mulai dari kuah, sayur sampai dendeng.

Tapi kali ini kita bahas tentang Resep Ikan Tongkol Balado yang pedas dan mudah, cek resepnya ya bunda.

Monday, February 13, 2017

Berenang di Venetian Water Carnaval Bekasi

Tags




Setiap hari minggu kami selalu menghabiskan waktu bersama, karna memang senin sampai jumat suami sibuk bekerja dan dihari sabtu saya memberikan kebebasan untuk suami untuk menjalani hobinya.
Jadilah hari minggu sebagai hari keluarga yang terkadang dihabiskan bersama entah menonton bioskop, bermain di beberapa wahana sekitar jakarta, atau sekedar makan di luar. 

Friday, February 10, 2017

Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Praktis

Tags
Resep dan Cara Membuat  Opor Ayam Praktis
Resep Opor Ayam Praktis dan Enak

Opor ayam memang selalu indentik dengan sajian hari raya baik idul fitri maupun idul adha. Tapi untuk lauk teman nasi sehari -  haripun tidak ada salahnya.

Berikut resep opor ayam mudah dan enak, cek resepnya ya

Thursday, February 09, 2017

Resep dan Cara Membuat Kikil Kecap

Tags

Bunda pasti pernah mengkonsumsi kikil, yups.. kikil sendiri merupakan kulit sapi yang membungkus tulang dibawah lapisan bulu .

Yuk cek Resep Kikil Kecap, berikut ini..

Resep dan Cara Membuat  Kikil Kecap
Resep Kikil Kecap Enak dan Mudah


BAHAN :

500 gr Kikil
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe hijau besar / sesuai selera
1 siung bawang bombay ukuran sedang
1 cm lengkuas  , geprek
1 cm jahe, geprek
1 buah serai, geprek
1 lembar daun salam
2 sdm Saus Tiram
1 Sachet kecil kecap / 5 sdm
Air
Minyak
Gula, Garam, Penyedap rasa ( Jika suka)


CARA MEMBUAT :

  • Tumis bawang merah dan bawang putih sampai berbau harum
  • Masukkan cabai, lengkuas, jahe, daun salam, serai dan bawang bombay, aduk rata
  • Tambahkan saus tiram dan kecap kemudian masukkan air
  • Masak sampai air surut, jangan lupa tambahkan gula, garam dan penyedap rasa ( jika suka), cicipi
  • Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan


Mudah kan bunda cara membuatnya,

SELAMAT MENCOBA

Resep dan Cara Membuat Pepes Tahu Kemangi

Tags
Resep Pepes Tahu Kemangi 

Tahu merupakan olahan dari kacang kedelai yang kaya protein dan kandungan gizi lainnya. Tahu juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau dipasaran sehingga dapat dikonsumsi semua kalangan masyarakat.

Di Indonesia banyak sekali resep olahan Tahu yang patut dicoba, salah satunya adalah Resep pepes tahu kemangi. Rasa tahu yang empuk dan gurih dipadukan dengan daun kemangi yang memiliki aroma khas yang mengundang selera makan.

Yuk cek resepnya ya.
( Baca juga resep tahu lainnya : Resep Tumis Toge TahuResep oyong tahuResep Semur Tahu Telur  )

BAHAN :
5 buah tahu ukuran sedang
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 batang daun bawang
3 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
1 ikat kemangi ambil daunnya saja
1 buah serai
1 buah telur ayam
Daun pisang untuk membungkus
Gula, garam, penyedap rasa ( jika suka)



CARA MEMBUAT :
  • Remas tahu sampai hancur, masukkan kedalam wadah
  • Tambahkan irisan bawang merah, bawang putih, cabai, serai, kemangi dan cabai rawit
  • Beri gula , garam dan penyedap rasa, cicipi
  • Setelah rasanya pas tambahkan 1 buah telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • Siapkan daun pisang bungkus rapi sesuai selera
  • Kukus selama kurang lebih 20 menit,
  • Setelah itu angkat dan bakar sampai daun berubah warna coklat kehitaman
  • Angkat dan sajikan


SELAMAT MENCOBA


Wednesday, February 08, 2017

Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bumbu Kuning

Tags

 
Resep dan Cara Membuat  Ikan Gurame Bumbu Kuning
Resep Gurame Bumbu Kuning Enak
Ikan Gurame merupakan ikan yang memiliki daging yang empuk dan memiliki duri besar yang berpusat ditengah – tengah tubuhnya. Tak heran jika ikan gurame memiliki banyak sekali varian masakan yang lezat dan selalu menjadi pilihan para pecinta ikan.

Salah satu resep ikan gurame yang wajib dicoba adalah Gurame bumbu kuning. Yuk catat resepnya..

( Baca Juga Resep Ikan Gurame Lainnya :Resep Gurame Bakar Madu , Resep Gurame Saus Bombay  )


BAHAN :

1 ekor ikan gurame ukurang sedang
1 buah tomat
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk nipis
1 buah serai
1 cm asam jawa
4 buah cabai rawit
Gula, Garam, penyedap rasa ( Jika suka)
Air
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 cm jahe
3 cm kunyit
2 buah kemiri
1 cm lengkuas
1 sdt pala bubuk
1 sdt merica bubuk


CARA MEMBUAT :

  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum
  • Setelah itu masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan asam jawa, aduk rata tumis sampai bumbu berubah warna
  • Setelah itu tambahkan air, dan masukkan tomat dan cabai rawit
  • Setelah air mendidih masukkan ikan gurame dan rebus sampai ikan empuk
  • Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa ( jika suka), cicipi
  • Setelah rasanya pas dan ikan matang, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng


SELAMAT MENCOBA

https://theqoechingphie.blogspot.co.id/


Tuesday, February 07, 2017

Resep dan Cara Membuat Oncom Leunca

Tags
Resep Oncom Tumis Leunca Enak

Oncom merupakan salah satu makanan yang cukup populer di jawa barat khususnya sunda. Oncom sendiri merupakan hasil fermentasi olahan sisa tahu atau tempe. Meskipun olahan sisa tapi oncom juga memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang cukup baik bagi tubuh.

Dan dari banyak sekali olahan menu oncom, salah satunya adalah Tumis Oncom Leunca. Ada juga yang dicampurkan dengan daun kemangi dan sebagainya.
Untuk rasa, jangan ditanya ya bunda. Bahkan dikampungku cirebon, oncom dikenal dengan sebutan daging tanpa tulang. Karna memang rasanya yang enak...


Catat resepnya ya ....


BAHAN :

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabai merah / sesuai selera
8 buah cabai rawit setan / sesuai selera
1 cm lengkuas , geprek
1 cm jahe, geprek
1 buah serai, geprek
1 Lembar daun salam
100 gram leunca
Garam, gula dan penyedap rasa ( jika suka)
Minyak untuk menumis


CARA MEMBUAT :

  • Tumbuk oncom sehingga membentuk bulir kecil, sisihkan
  • Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai bisa menggunakan ulekan atau blender,
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus kemudian masukkan daun salam, jahe , lengkuas dan serai, tumis sampai bumbu harum
  • Setelah itu masukkan oncom yang telah ditumbuk, aduk sampai bumbu rata
  • Masukkan leunca, gula, garam dan penyedap rasa ( jika suka), lalu cicipi
  • Masak oncom sampai berubah warna kecoklatan dan leunca layu
  • Angkat dan sajikan bersama nasi hangat


Tips : untuk lamanya pemasakan tergantung pada selera bunda, jika bunda lebih suka oncom basah maka jangan terlalu lama memasaknya. Tapi saya lebih suka oncom yang setengah kering, selain karna tidak cepat basi juga rasanya lebih gurih, maka masak oncom sampai berwarna kecoklatan


SELAMAT MENCOBA

Cara Membuat Saus Salsa

Tags



Salsa adalah bahasa spanyol yang berarti saus, saus salsa sendiri merupakan  sajian pelengkap untukkeripik kentang garing atau yang terkenal dengan sebutan nachos. Varian saus salsa sendiri sangat beragam di indonesia meskipun mengadopsi dari masakan luar akan tetapi banyak sekali yang menyesuaikan saus salsa dengan lidah orang indonesia.
Berikut cara membuat saus salsa yang mudah, cek resepnya ya.

BAHAN :

2 buah tomat yang dipotong kotak kecil
1/2 buah paprika merah yang dipotong kotak kecil
1/2 buah bawang bombai yang dipotong kotak kecil
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah jeruk nipis yang diambil airnya
1 batang daun bawang cincang halus
2 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1/2 sdt garam
½ sdt oregano bubuk
½ sdt Merica Bubuk
1 sdt Gula Pasir
2 sdm minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT :

  • Pertama-tama campur tomat, bawang bombai, bawang putih, daun bawang dan paprika kemudian diaduk rata
  • Setelah itu tambahkan air jeruk nipis, oregano, merica bubuk, saus tomat, saus sambal
  • Jangan lupa tambahkan gula dan garam, cicipi 
  • Diamkan adonan selama kurang lebin 15 menit
  • Hidangkan adonan dengan nachos atau tortilla siap pakai


SELAMAT MENCOBA