Thursday, February 23, 2017

Iprice ; Solusi Pintar Mendapatkan Harga Terbaik Dengan Membandingkan Harga dari Banyak Penjual



Saat ini perkembangan zaman dan teknologi khususnya semakin hari semakin pesat, hal ini berdampak baik langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia. contohnya saja produk teknologi yang paling digandrungi layaknya seorang pasangan hidup adalah handphone.


Handphone saat ini sudah bukan lagi hanya sebagai alat komunikasi yang mengirimkan pesan, tapi sudah mengikuti perkembangan zaman menjadi sebuah  alat untuk mendukung aktifitas manusia sehari hari, seperti mengabadikan gambar, mendengarkan musik, menonton tv, film, membaca berita, sebagai alat permainan,  mengecek email, berbelanja dan masih banyak lagi fungsi smartphone lainnya. Dari banyak sekali fungsi tersebut secara garis besar adalah untuk mempermudah seseorang melakukan satu hal , contohnya saja berbelanja.

Di zaman serba modern sekarang ini berbelanja tidak lagi harus datang ke toko, memilih barang yang diinginkan sampai kaki pegal, belum lagi harus berjuang membawa barang belanjaan tersebut pulang kerumah. Hulf... bahkan mendengar kannya saja sudah melelahkan.

Sekarang dengan smartphone seseorang bisa berbelanja dimana saja dan kapan saja, tanpa harus membuang banyak waktu percuma untuk perjalanan, memilih, dan membawa barang belanjaan. Di smartphone berbelanja dapat dilakukan dengan mudah sambil duduk, tidur, bahkan bekerja. Melakukan pembayaran dengan cara instan dan tinggal menunggu barang pesanan datang.

Semakin bertumbuhnya konsumen era ditigal membuat perkembangan elektronic commerce (E-commerce) atau perdagangam eletronik semakin pesat. Dan persaingan para penyedia e-commerce pun semakin ketat tidak heran banyak sekali inovasi dan trobosan yang dikeluarkan guna memudahkan para penggunanya untuk berbelanja dan bertransaksi.
Beberapa situs e-cmommerce dunia yang sudah terkenal antara lain eBay, Amazon.com dan Paypal. Sedangkan diindonesia sendiri juga banyak sekali situs e-commerce antara lain ; Lazada, Tokopedia, Elevania, Bukalapak, Zalora, Shopee, Agonda, Traveloka, Matahari Mall, Bhineka.com,blibli,kliknklik, dan banyak lagi.

Dari banyak sekali situs e-commerce yang ditawarkan diatas tentu saja sebagai pengguna kita kadang merasa bingung untuk umemilih situs e-commerce dengan harga dan pelayanan terbaik. Untuk itu iprice  hadir sebagai e-commerce yang bukan hanya membantu menemukan barang yang dibutuhkan tetapi juga membantu para penggunanya untuk membandingkan harga barang tersebut dari beberapa Toko online atau e-commerce lain.
Iprice memiliki lebih dari 31.749. 381 produk dari situs e-commerce dan menyusunnya dengan rapih sehingga memudahkan para penggunanya untuk mencari produk yang dibutuhkan. Selain itu juga penggunanya bisa langsung membandingkan produk tersebut sehingga dapat menemukan produk dengan harga yang lebih murah. Ditambah diskon produk dari 50% sampai dengan 70% dari total pembelian. Anda juga bisa lebih hemat berbelanja dengan berbagai kupon di iPrice Indonesia, cukup ikuti langkah berikut:
  1. Pada halaman utama iPrice Indonesia, klik pilihan menu “Kupon & Penawaran” yang terletak pada sudut kanan atas. Secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman utama kupon.
  2. Beragam kupon terbaru akan ditampilkan di paling atas halaman utama. Jika Anda ingin mencari kupon dari toko online tertentu, pada sebelah kiri halaman utama di bawah sesi “Kategori”, terdapat sesi “Toko” yang menampilkan toko-toko yang ada secara berurutan.
  3. Untuk menggunakan kupon, klik pilihan menu “Dapatkan Kode Kupon” atau “Dapatkan Penawaran”.
  4. Saat menekan pilihan menu “Dapatkan Kode Kupon”, sebuah halaman berisi kode yang dapat Anda gunakan akan muncul agar Anda bisa mendapatkan diskon saat berbelanja dari toko yang menawarkan kupon tersebut. Sementara itu, pilhan menu “Dapatkan Penawaran” akan membawa Anda langsung ke halaman shopping toko tersebut yang menawarkan berbagai diskon.
  5. Agar lebih hemat saat berbelanja, ulangi saja langkah-langkah di atas!

Dan Salah satu e-commerce yang berkerjasama dengan Iprice yang akan saya soroti adalah TOKPOEDIA. Sejak berdirinya di tahun 2009 Tokopedia telah banyak mencuri hati para pengguna apikasi belanja online. Bukan hanya diminati oleh  orang yang akan berbelanja, Tokopedia juga dipenuhi oleh orang – orang atau pebisnis baik skala kecil mau pun skala menengah (UKM)  yang menjajakan produknya di Tokopedia. karna memang mengusung model bisnis Marketplace dan mall online jadi memungkinkan setiap individu untuk membuka dan mengelola Toko Onlinenya sendiri di Tokopedia.

Tokopedia menawarkan ribuan produk dengan beragam jenis produk sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Dari mulai pakaian, produk kecantikan, produk kesehatan, peralatan dan perlengkapan rumah tangga, barang – barang elektronik, otomotif , software dan banyak lagi produk lainnya.

Kelebihan yang sangat saya sukai di Tokopedia adalah sistem dropshipper dimana kita dapat menjual kembali barang yang ada di Toko online dengan menggunakan nama kita / nama Toko online kita.

Metode pembayaran di Tokopedia pun sangat lengkap dan mudah. Pengguna dapat melakukan pembayaran bukan hanya dari Bank Transfer tapi juga dapat menggunakan fasilias cicilan kartu kredit bahkan pembayaran dapat dilakukan di Indomart, Alfamart, 7-eleven, dan Kantor Pos. Hal ini memudahkan pagi pengguna yang berada di luar jawa atau plosok – plosok desa yang kesulitan menemukan mesin ATM.

Selain berbelanja di Tokopedia para pengguna juga bisa melakukan beberapa transaksi seperti :

Pembelian Pulsa, Paket Data
Pembelian Tiket Kereta Api
Pembayaran Iuran BPJS
Pembayaran listrik, Telfon, Air, TV Kabel,
Pembayaran Kartu Kredit,
Bahkan pembelian Voucer Games dan lainnya.

Saya fikir Tokopedia adalah salah satu aplikasi yang cukup lengkap baik dari segi produk dan aplikasi yang mempermudah dalam pembayaran elektronik. Akan tetapi meskipun begitu Tokopedia juga memiliki beberapa kekurangan yang diperlu diperbaiki guna meningkatkan layanan kepada para pelanggannya.

Beberapa kekurangan Tokopedia menurut saya, antara lain :


TAMPILAN MENU BERANDA KURANG MENARIK



 Meskipun memiliki banyak memiliki kategori produk di tampilan awal atau beranda akan tetapi menurut saya tampilan tersebut kurang menarik karena menggunakan ikon –ikon ilustrasi. Mungkin hal ini memudahkan bagi pengguna untuk memilih kategori yang sesuai dengan kebutuhannya, akan tetapi minat untuk melihat barang di kategori lain kurang begitu tinggi.

Berbeda dengan aplikasi e-commerce lain yang menampilkan produk real dalam tampilan kategori di berandanya membuat saya tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut terhadap produk tersebut. Bahkan terkadang saya membeli barang yang pada awalnya tidak berniat saya beli, akan tetapi karna melihat tampilannya menarik jadi saya membelinya.



PENERAPAN APLIKASI KURANG EFEKTIF



Di dalam aplikasi Tokopedia, apabila saya menekan tombol salah satu kategori produk maka akan muncul barang – barang yang ditawarkan, dan dibagian bawah terdapat beberapa tombol seperti tombol SORT, FILTER, GRID/LIST, dan SHARE.

Permasalahan saya ada di tombol FILTER. Ketika saya mengklik tombol tersebut maka akan muncul tampilan pilihan lain seperti Kategori, Toko, Lokasi , Harga dan lain sebagainnya.  Untuk filter tombol lain ketika saya mengklik dan menekan tombol selesai maka akan muncul produk sesuai dengan filter pilihan saya. Tapi ketika saya menekan Tombol Kategori saya tidak bisa menceklis pilihan saya dan saat pilihan diterapkan juga tidak terdapat perubahan.

Sebaiknya untuk pilihan menu Kategori Menu dropdown tetap ditampilkan meskipun pengguna tidak menekannya, karna mungkin tidak banyak pengguna yang faham kalau bagian tersebut terdapat menu lainnya setelah ditekan.



TIDAK ADA GRATIS ONGKOS KIRIM

Gratis ongkos kirim menjadi salah salah satu daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Mereka merasa lebih senang ketika berbelanja tanpa perlu merasa terbebani lagi dengan biaya ongkos kirim.

Sudah banyak aplikasi e-commerce yang menawarkan ongkos kirim gratis tanpa syarat , dan ada pula yang memberikan Gratis Ongkos kirim setelah berbelanja dalam jumlah tertentu.
Saya pernah sekali melihat tokopedia menawarkan Gratis ongkos kirim dengan minimal pembelanjaan kurang lebih Rp. 200.000. tapi itupun pada periode tertentu saja. Saran saya Tokopedia dapat memberikan Gratis ongkos kirim tanpa syarat atau dengan syarat pembelian tertentu dengan jumlah pembelian minimal yang tidak terlalu tinggi jadi memungkinkan untuk para pengguna mendapatkan Layanan Gratis Ongkos kirim lebih banyak.



LAYANAN CUSTOMER SERVICE YANG KURANG MEMBANTU


Saya pernah memilliki masalah dan mencoba menghubungi customer service di Tokopedia. Akan tetapi ketika saya mengklik tanda “ hubungi kami” yang tampil adalah pemberitahuan dan informasi – informasi tertentu. Dengan proses yang cukup berbelit – belit akhirnya saya bisa mengadukan keluhan saya lewat email. Dan balasan yang saya terimapun cukup lama.
Saya berharap Tokopedia memiliki Hotline telfon atau live chat sehingga memudahkan para customer dan penjual yang memiliki masalah atau pertanyaan kepada Tokopedia dapat ditangani dengan cepat dan efektif tanpa perlu menunggu lama.

Konsultasi lewat email juga saya rasa kurang efektif karena saat ini email sudah dihubungkan dengan banyak aplikasi lain sehingga apabila ada email balasan yang masukpun akan tertimbun oleh email notifikasi yang lain, sehingga pengguna kesulian untuk mengecek atau mengetahui balasan dari Tokopedia.


KURANGNYA DISKON UNTUK PARA PEMBELI

Sulit dipungkiri bahwa Diskon juga terkadang menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli dalam membeli sebuah produk. Terkadang melihat diskon yang diberikan di sebuah aplikasi belanja membuat para pengguna tertarik untuk membelinya. Tak jarang mereka tidak mengecek ulang harga di tempat lain.

Kalaupun memang mengecek pun, selisih yang tidak seberapa dibandingkan dengan diskon dan ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan serius dalam membeli produk. Apalagi jika review dan penilaian pembeli sebelumnya cukup tinggi.

Tokopedia sangat sedikit memberikan diskon kepada para penggunanya, saya fikir dengan memberikan diskon di produk dan memasang banner diskon tersebut di beranda akan meningkatkan daya tarik untuk membeli.


MENCIPTAKAN APLIKASI KHUSUS UPLOAD FOTO UNTUK PENJUAL

Saya juga adalah seorang pemilik toko di Tokopedia dan juga seorang pengguna setia Tokopedia saat berbelanja online. Saya tau bahwa tidak semua toko online memiliki gambar yang cukup bagus untuk ditampilkan. Beberapa toko online mungkin sudah memiliki gambar produk yang baik dalam segi pencahayaan atau tata letak produk, tapi tidak semua toko online seperti itu.

Terkadang ada foto produk yang tampilannya kurang menarik karena satu lain hal. Saran saya jika memungkinkan ada baiknya Tokopedia memberikan layanan upload foto untuk penjual dimana di aplikasi atau layanan tersebut penjual dapat mengedit fotonya agar lebih menarik. Contohnya saja mengganti backgorund produk, pencahayaan, dan lainnya.

Sehingga tampilan dari produk – produk yang ditawarkan terlihat lebih rapih dan menarik. Dan tambahkan pula saran pengambilan gambar pada menu upload gambar sehingga para penjual bisa mencoba menerapkannya.



Demikan ulasan dari saya mengenai e-ecommerce, saya meminta maaf atas segala kekurangan dalam tulisan saya tersebut. Semoga bisa menjadi bahan masukan dan referensi baik bagi pembaca maupun bagi pihak lain yang berkepintingan didalamnya.
Terimakasih.


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon