Tuesday, March 07, 2017

Gemuk itu tanda kemakmuran ? Benar kah ?




Dari judulnya aja udah bikin emosi ya bunda, sabar... sabaarr....Bunda pasti sering dong mendengar bahasan soal berat badan, rasanya sensitif banget ya kalau udah ngobrol soal yang satu itu. Apalagi jika berat badan kita termasuk yang motok, adeh rasanya mau buru  - buru ke dokter bedah buat sedot lemak.
Lain bunda, lain juga soal diriku. Aku termasuk orang dengan perawakan yang tinggi dan kurang berisi. Jadi banyak orang bahkan mertua ku sendiri nyaranin aku banyak makan, katanya biar gak kaya orang susah.Weleh....

Entah datangnya dari mana Asumsi orang jaman sekarang, mereka berfikiran bahwa orang dengan badan yang gemuk adalah orang yang makmur. Mungkin difikirnya orang gemuk memiliki selera makan yang tinggi, dan korelasinya adalah  orang gemuk adalah orang dengan selera makan yang tinggi dan didukung dengan daya beli yang tinggi pula. Meskipun tidak seratus persen salah, tapi juga bukan menjadi satu statmen yang dibenarkan.
Lantas, orang – orang kurus macam saya dikategorikan orang yang gak doyan makan dan gak mampu beli makanan dong. Pantas saya kemudian terlihat seperti orang susah.
Sedih rasanya bunda dibilang begitu...
Padahal kalau soal makan, alhamdulillah diriku gak pernah kekurangan dan makanpun normal 3 kali sehari, apalagi kalau urusan ngemil. Sambil curhat begini disamping udah standby cemilan sambil ngetik satu dua kata cemilan yang masuk udah 2 kg. Tapi memang badanku gak bisa gemuk dari kecil. Padahal ibuku termasuk orang yang gemuk, tapi mungkin aku turunan bapakku yang kurus.
Nah tapi jangan frustasi dulu bunda, belum tentu yang terlihat gemuk adalah gemuk dan yang terlihat kurus adalah kurus. Loh.. gimana ???..
Maksudnya, Penilaian secara pasti soal berat badan gak bisa cuma diukur dengan mata telanjang, Tapi ada perhitungannya. Menurut wikipedia, kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak yang merugikan bagi kesehatan. Seseorang dianggap kegemukan apabila indeks masa tubuh (IMT) lebih dari 30 kg/m . caranya dengan membagi berat badan dengan kuadrat tinggi badan dalam meter.

Atau cara mudahnya bunda bisa menentukan apakah berat badan kita ideal atau tidak menggunakan tabel dibawah ini. 
Sumber Gambar : http://bebasobesitas.weebly.com


dari tabel diatas kita mengetahui bahwa ada 3 pengelompokan dasar yaitu kurus , sedang dan gemuk. Nah, sekarang dari tabel diatas bunda temasuk kelompok yang mana ? dari tabel diatas barulah aku tau, yang mereka bilang aku kurus kaya orang susah tenyata diriku termasuk kedalam berat badan ideal, dengan tinggi 162 dan BB 52 kg. Liat bagian wanita ya bunda, jangan pria... saya perempuan lohhh..
buat bunda yang memang dalam kategori gemuk, coba deh mulai melakukan pemeriksaan dini untuk mencegah atau mengetahui beberapa penyakit yang sudah diderita sejak awal, karna lebih baik mencegah dari pada mengobati.
Gemuk itu memang tidak salah, karna setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, dan juga merupakan karunia tuhan. Tapi bunda, yang harus digaris bawahi dan menjadi pertanyaan yang harus segera dijawab adalah.
Apakah gemuk kita itu sehat.
Karena dari beberapa fakta yang ada kegemukan dapat menyebabkan beberapa penyakit antara lain :
Penyakit jantung
Gagal jantung konesif
Tekanan darah tinggi
Kadar kolestrol tidak normal
Diabetes mellitus
Sindrom ovarium polikistik
Gangguan menstruasi
Gangguan kesuburan bahkan mandul
Komplikasi selesma kehamilan
Kelainan bawaan
Stroke
Migrain
Demensia
Kerusakan memori
Gagal ginjal
Osteoartis
Hipertensi
Depresi
Sulit bergerak
Nyeri punggung
Bahkan Kanker 
Dari banyak sekali dampak penyakit yang ditimbulkan dari obesitas pasti kita gak mau dong terkena salah satunya bahkan untuk penyakit ringan sekalipun.
nah bunda, jadi Gemuk itu Bukan berarti tanda kemakmuran ya. Gemuk itu bisa mengundang penyakit berbahaya lohh..
sebaiknya jika memang bunda memiliki perawakan yang gemuk coba untuk melakukan diet sehat atau menjaga pola makan yang sehat dan banyak melakukan kegiatan fisik seperti berolah raga untuk menjaga kestabilan berat badan. Jangan lupa melakukan pemeriksaan rutin seperti gula darah, cek kolestrol dan sebagainnya. Sehingga bisa menanggulangi penyakit tersebut diatas lebih dini.
Selalu bersyukur atas apa yang tuhan berikan, bukan hanya menerima keadaan tapi juga berusaha lebih baik menjaga apa yang tuhan berikan.Caranya ? hidup sehat dan bijak. 


Salam sayang bunda, 


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon