Sunday, March 19, 2017

Resep dan Cara Membuat Ayam Kentang Semur Mudah

Tags

Resep dan Cara Membuat Ayam Kentang Semur Mudah
Bunda, seharian kemarin aku ada acara keluarga sampai malam.Karna kecapean akhirnya maless banget kepasar buat belanja. Untungnya dikulkas masih ada beberapa stok bahan makanan yang tersisa  belum diolah.

seperti kentang dan ayam, akhirnya terfikirlah membuat semur kentang ayam, meskipun sejujurnya diriku kurang suka, karna aku termasuk orang yang kurang suka masakan manis. Lebih suka masakan pedas, rasanya kalau makan gak ada rasa pedanya itu kaya ada yang kurang gitu.

heheh...

Selain itu, bumbu dan cara membuatnya pun mudah bunda, Gak perlu ada pemilihan kentang khusus, kentang apa saja bisa dipakai, kentang mentega, kentang biasa, kentang kecil - kecil yang seukuran tomat juga boleh. Asal jangan kentang busuk, cuma itu.

Kalau dilihat dari segi kandungan gizi sendiri, kentang merupakan salah satu sumber makanan dengan karbohidrat yang cukup tinggi. Selain karbohidrat kentang jug mengandung Vitamin A, Vitamin B, kompleks, Vitamin C, Asam Folat, Mineral, Protein, Karetenoid, dan Polifenol.

Nah satu informasi penting nih buat bunda, tekadang kita menemukan kentang yang berwarna kehijauan ya. Dulu saya fikir kentang yang berwarna kehijauan ini adalah kentang yang masih muda, tapi setelah membaca sebuah artikel di internet ternyata kentang yang berwarna kehijauan dibagian bawah kulit adalah kentang yang mengandung solanin yang cukup tinggi. Dan kandungan solanin yang tinggi pada kentang bebahaya jika dikonsumsi karena dapat menyebabkan terganggunya sistem saraf, rasa terbakar pada tenggorokan, sakit kepala, lumpuh pada tungkai dan lainnya.

Jadi perhatikan dengan baik yang bunda saat membeli dan mengolah kentang. Gak rugi rasanya membuang kentang satu dua buah demi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Nah, sekarang langsung aja kita cek resep dan cara membuat kentang ayam semur yang mudah dan enak.



BAHAN :

3 Buah kentang ukuran sedang
4 potong ayam
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah kemiri
1 cm jahe, geprek
1 cm lengkuas, geprek
1 sdm lada bubuk
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
2 cm atau 1 sdt bubuk kayu manis
5 sdm kecap manis
gula, garam dan kaldu ayam bubuk
Air
Minyak



CARA MEMBUAT :

Kupas kentang, kemudian potong dadu sesuai dengan selera, cuci bersih dan sisihkan

Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri . Bisa menggunakan blender atau diulek

Setelah halus, panaskan minyak tumis bumbu halus sampai harum dan berubah warna, tambahkan air secukupnya kemudian masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk, kayu manis, daun salam, kayu manis dan kecap. aduk  rata.

masukkan ayam, masak sampai setengah matang kemudian masukkan kentang. masak lagi sampai kentang lunak

Tambahkan merica bubuk, gula , garam dan kaldu ayam bubuk. Cicipi

Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan bersama taburan bawang goreng



SELAMAT MENCOBA



Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon