Thursday, March 16, 2017

Resep dan Cara Membuat Kentang Mustafa Kriuk

Tags


Resep dan Cara Membuat Kentang Mustafa Kriuk
Resep dan Cara Membuat Kentang Mustafa Kriuk


Akhir - akhir ini di setiap acara resepsi pernikahan sering sekali ketemu Kentang mustafa di Menu makanannya. Bukannya kurang suka ya, tapi karna saking sukanya aku jadi males kalau ada kentang yang satu ini di acara yang bersifat umum.


Soalnya, diriku gak bisa berenti kalau udah makan masakan yang satu ini. Gimana ya, rasanya itu loh.. pedes, manis, gurih, kriuk - kriuk... jadi nasi setengah piring , kentangnya mungkin bisa sebakul. 
heheh..

Karna penasaran aku sempet buat, tapi gagal karna kentangnya kurang crispy. Ternyata setelah diselidiki, karena kesalahan memotong secara manual bikin ukuran kentangnya gak sama. Gede, kecil gitu......... dan keringnya gak merata sempurna. 

Akhirnya, belilah alat pemotong yang seperti parutan itu..

hoalah.. apa ya namanya... tapi semoga bunda paham..

Nah pakai itu kentang bisa terpotong dengan cepat, rapih dan tebalnya sama rata. Jadi saat proses pemasakan lebih matang merata. Yyaudah, yuk langsung cek resepnya ya bunda





BAHAN :

1 kg kentang mentega / kentang biasa
1 cm jahe, geprek
1 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
1 batang serai / boleh pakai boleh tidak
2 daun jeruk, iris tipis
Gula, Garam dan kaldu ayam
Minyak, 



Bumbu Halus :

6 buah cabai merah / sesuai selera
3 buah cabai rawit merah / sesuai selera
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 cm kunyit



CARA MEMBUAT :

iris kentang tipis - tipis sebesar korek api, atau ukuran 1 cm. aku sarankan menggunakan alat khusus untuk membuat memotongnya sehingga mendapatkan ukuran yang sama dan bisa memotong dengan sangat tipis.

setelah kentang diiris tipis - tipis, rendam dengan air dan masukkan 1 sdm garam, dan diamkan selama kurang lebih 15 - 20 menit.

Panaskan minyak goreng dan goreng kentang sampai berubah warna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan agar minyaknya turun.

Tumis bumbu halus dengan minyak panas, jangan terlalu banyak minyak cukup 4 sdm . Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas.Jika memasukan minyak terlalu banyak, kentang akan menjadi basah dan kurang krispy.

Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata dan tumis sampai bumbu harum dan berubah warna. Cicipi, setelah rasanya pas Matikan api dan diamkan sampai bumbu dingin

Setelah bumbu dingin, masukkan kentang yang telah digoreng kering aduk  rata dengan bumbu perlahan menggunakan spatula kecil. Aduk sampai bumbu merata ke seluruh kentang, jika dirasa kurang garam atau gula bisa ditambahkan, jangan lupa buang daun salam, jahe, lengkuas, serai yang ada didalam kentang.

Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan taburan daun bawang.

Jika memang ingin menyimpannya untuk beberapa hari, bunda bisa menaruh kentang mustafa di tempat yang kedap udara. Tutup dan simpan didalam lemari es, jangan di bagian freezer ya bunda.

Resep dan Cara Membuat Kentang Mustafa Kriuk
Mudahkan cara membuatnya,




SELAMAT MENCOBA

Note tips :

bunda , Resep kentang mustafa sebenarnya tidak menggunakan kunyit. Tapi cukup menggunakan cabai sebagai pewarna, tapi kebetulan anakku suka sekali dengan olahan kentang ini, jadi aku mengurangi cabainya dan menambahkan sedikit kunyit agar warnanya tidak terlalu pucat dan lebih cantik, warnanya akan berubah sedikit " orange" nanti, tapi tidak akan terlalu berpengaruh kepada rasa. Jika memang bunda pecinta pedas, bunda bisa menambahkan cabai merah dan cabai rawit yang banyak.


         Terimakasih.



Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon