Friday, March 24, 2017

Resep dan Cara Membuat Okra Tumis Toge serta Manfaatnya

Tags

Resep  dan Cara Membuat Okra Tumis Toge serta Manfaatnya
Resep  dan Cara Membuat Okra Tumis Toge serta Manfaatnya


Bunda, kemarin pas belanja di salah satu supemarket aku ngeliat okra di display di rak pojok. Tanpa fikir panjang aku langsung masukin tuh okra kekerangjang. Memang selama ini aku baca beberapa artikel di internet kalau okra itu makanan yang bagus , kaya serat dan vitamin. Jadi langsung main masukin aja tampa fikir panjang mau dimasak apa. Setelah sampai rumah baru deh bingung kelabakan cari resep dan baru tahu dari beberapa referensi kalau okra itu saat dimasak akan berlendir.

Waduhhh,,,,,,

Banyak yang menyarankan dimasak ini, itu mulai dari direbus,  di tumis, di masak kuah santan, dilalap dan banyak lagi. Udah liat beberapa referensi masakan okra pun rasanya tetep kurang yakin. Dan sampai pagi juga belum punya ide buat bekal suami. Nah Akhirnya awalnya aku mau bekelin suami Tumis Toge Teri Asin, akhirnya aku campurin aja deh kesitu.

Kenapa sih aku ngotot banget mau masak okra, karena dari beberapa artikel kesehatan yang aku baca okra banyak sekali mengandung vitamin dan minal yang baik untuk tubuh kita seperti ; Karbohidrat, Potein, Lemak, Kolestol, Serat, Folat, Niacin, Asam Pantotenat, Pyridoxin, Riboflavin, Thiamin, Potasiummin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Sodium, Potasiu, Kalsium, Tembaga, Zat Besi, Magnesium,Mangan , Fosfor, Selenium dan Seng.

Wah, bener kan bunda okra punya segudang kandungan gizi dari beberapa kandungan diatas tak heran kalau okra dipercaya memiliki segudang manfaat. Antara lain :

Mencegah kanker pada rongga mulut
Mengurangi resiko janin lahir catat karena mengandung folat yang cukup tinggi
Membantu menjaga sistem imun dalam tubuh karena kandungan vitamin C nya
Memperkuat dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak
Menurunkan kadar kolestrol dalam darah
Mengurangi resiko penyakit jantung
Membantu mengurangi atau menurunkan berat badang
Dan yang terpenting karena okra mengandung banyak sekali serat sehingga baik bagi pencernaan dan mencegah sembelit.

Udah tau kan sekarang bunda, manfaat dan kandungan okra. Sekarang saatnya mencoba Resep dan Cara membuat Tumis Okra Toge  yang mudah dibuat dan dijamin sehat.



BAHAN :

3 Buah okra muda
200 gram Toge
100 gram Teri Asin
1 buah daun bawang
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah atau sesuai selera
5 buah cabai rawit atau sesuai selera
½ buah tomat
3 sdm saus tiram
Gula, garam, dan kaldu ayam bubuk ( jika suka )
Minyak untuk menumis
Air secukupnya


CARA MEMBUAT :

Cuci bersih semua sayuran kemudian sisihkan sampai airnya turun,

Potong okra menyerong tipis, sisihkan

Potong daun bawang dengan lebar 2 cm atau sesuai selera, sisihkan

Iris bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit dan tomat, sisihkan

Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum kemudian masukkan cabai merah, cabai rawit dan tomat, aduk rata

Tambahkan saus tiram kemudian beri sedikit air agar bumbu tidak gosong, aduk rata dan tunggu sampai air mendidih

Masukkan toge, okra dan daun bawang tumis sampai layu

Jangan lupa tambahkan gula, garam dan kaldu ayam bubuk ( jika suka ), cicipi

Jika rasanya sudah pas, angkat dan sajikan

Mudah kan bunda,




Tips :
Untuk menumis okra usahakan jangan terlalu lama sehingga kandungan lendir dalam okra tidak terlalu banyak. Okra sebaiknya dimasak selam 5 – 10 menit. Jika memang menyukai masakan tumis yang setengah matang, akan lebih baik karna teksturnya akan lebih renyah.



SELAMAT MENCOBA BUNDA



Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon