Monday, March 20, 2017

Resep dan Cara membuat Pepes Ikan Mas Kemangi

Tags

Resep dan Cara membuat Pepes Ikan Mas Kemangi
Resep dan Cara membuat Pepes Ikan Mas Kemangi


Bunda,  beberapa hari ini suami request masakan ikan. Padahal kemarin udah pernah coba Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning, RESEP IKAN GURAME BAKAR MADU, Resep Gulai Ikan Tongkol. Jadi bingung mau masak apa lagi tapi yang praktis – praktis aja gitu.

Nah barulah inget kenapa gak buat Pepes Ikan Mas Kemangi aja ya, karena Ikan Mas termasuk ikan yang punya daging yang cukup tebal rasanya enak kalau dipepes.


Ngomong  - ngomong soal ikan mas ya bunda, ternyata ikan mas memiliki kandungan gizi yang baik sehingga memiliki banyak sekali manfaat, seperti :

Mengurangi resiko penyakit jantung karena ikan mas ngendung omega 3 yang baik bagi jantung khususnya arteri vena. Membantu mengontrol detak jantung, dan melebarkan pembuluh arteri yang menyempit akibat lemak yang menumpuk.

Membantu Mencerdaskan Anak karena kandungan DHA dalam ikan mas mampu menguatkan memero serta meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar pada anak.
Membantu perkembangan pertumbuhan anak

Dan banyak lagi manfaat lain dari ikan mas.

Jadi jangan ragu lagi ya bunda mengkonsumsi ikan yang satu ini. Yuk langsung kita cek Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Mas Kemangi yang mudah dan Praktis.


BAHAN :

3 ekor ikan mas  ukuran sedang
2 lembar daun pisang yang lebar, jemur sebentar
3 lembar daun salam
1 buah serai
1 ikat daun Kemangi
1 buah tomat
6 buah cabai rawit
1 batang daun bawang
Gula, Garam dan kaldu ayam bubuk (jika suka)
1 buah Jeruk nipis

Bumbu Halus :
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
7 buah cabai merah
4 buah kemiri
1 ruas kunyit  ( kurang lebih 4 cm)
2 cm jahe
1 ruas lengkuas ( kurang lebih 4 cm )


CARA MEMBUAT  :

Siangi ikan Mas, buang sisik dan insangnya, buang juga kantung udara didalam perutnya. Cuci bersih, sisihkan

Lumuri ikan mas dengan dengan air jeruk nipis dan sejumput garam, diamkan selama beberapa menit,

Campurkan bumbu halus kedalam wadah yang cukup besar kemudian tambahkan daun bawang yang telah dipotong, cabe rawit yang sudah diriis tipis, kemangi , tomat dan serai yang dipotong menyerong. Tambahkan juga gula, garam dan kaldu ayam bubuk, aduk rata dan cicipi

Setelah rasa bumbunya pas, potong daun pisang sesuai kebutuhan, letakkan ikan diatas daun kemudian taruh ikan beri bumbu pada bagian insang, perut dan badannya, balik beri bumbu kembali dan taruh daun salam diatasnya.

Gulung Daun pisang dan tusuk dengan tusuk gigi dikedua sisinya. Lakukan sampai semua ikan selesai dibungkus

Kukus ikan kurang lebih selama 20 menit kemudian angkat, dan garang di wajan atau ditempat pembakaran sampai daun pisang layu dan kehitaman. Ini bertujuan untuk mengurangi kandungan air didalam pepes ikan.

Setelah itu angkat dan sajikan



SELAMAT MENCOBA


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon