Monday, April 03, 2017

Resep dan Cara Membuat Tumis Buncis Sederhana

Tags

Resep dan Cara Membuat Tumis Buncis Sederhana
Resep dan Cara Membuat Tumis Buncis Sederhana

Bunda, sejak beberapa minggu ini suamiku mulai deh melancarkan aksi manjanya yang brutal yaitu minta dibuatin bekel sarapan pagi setiap hari. Memang biasanya suamiku jarang sarapan Cuma segelas susu sereal panas setiap pagi atau kalaupun mau sarapan sesekali cuma pakai telor ceplok ala kadarnya yang gak bikin heboh dapur pagi – pagi.  Tapi karna satu alasan yang agak bikin emosi akhinya terciptalah janji buat bekel sarapan setiap pagi.


Persoalannya itu ternyata bukan soal bangun pagi ternyata. Pertama aku harus belanja sehari sebelumnya, untungnya aku punya kebiasaan belanja langsung untuk stok dua tiga hari jadi aman. Nah soal waktu memasak juga jadi pertimbangan aku aja udah bangun pagi pagi buta buat masak minimal 2 menu buat bekal nya yang udah harus siap sebelum jam 7. Ditambah sarapan si kecil, oh my god..

Masalah kedua adalah untuk beberapa masakan tertentu Cuma bisa bertahan dalam waktu beberapa jam jadi saat makan malam bahkan terkadang sudah basi, jadi mubazir. Kadang aku juga ngakalin masak dua kali, jadi buat bekel aku masak pagi dan buat makan malam aku masak siang tapi konsekuensinya tenaga yang dikeluarkan dua kali lipat.

Salah satu menu praktis yang sering aku pakai untuk menu bekal suamiku yaitu resep buncis tumis. Karena selain memiliki rasa yang enak, gurih , renyah juga gampang dibuat.

Yuk langsung cek resepnya aja bunda,


BAHAN :
250 gram buncis
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ buah tomat
1 buah bawang bombay ukuran kecil
5 buah cabai merah /sesuai selera
3 buah cabai rawit / sesuai selera
2 sdm saus tiram
Gula, garam dan kaldu ayam bubuk
Minyak
Air



CARA MEMBUAT :

Cuci bersih buncis dan iris menyerong dengan ukuran yang sama, sisihkan

Iris bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat dan bawang bombay

Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan kecoklatan kemudian masukkan cabai merah , cabai rawit , tomat dan bawang bombay aduk rata

Tambahkan saus tiram dan air secukupnya atau kurang lebih 200 ml , masak sampai air mendidih

Masukkan buncis yang telah dipotong potong masak kembali sampai buncis matang, untuk tingkat kematangan sesuai dengan selera bunda, jika bunda suka masakan yang setengah matang itu lebih baik karna kandungan nutrsi dalam sayur tidak rusak karena pemasakan yang terlalu lama

Tambahkan gula, garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya, cicipi

Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng



SELAMAT MENCOBA





Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon