Follow Us

Monday, May 29, 2017

Cara Membuat Es Selasih Cocopandan Praktis Mudah

6:17:00 PM 0 Comments

Sahabat Qoeching,

Bulan puasa itu adalah bulan penuh berkah, bukan cuma bagi kita yang menjalankan ibadahnya tapi juga untuk para pedagang-pedagang makanan. Karena saat ramadhan banyak orang yang ngabuburit mencari menu untuk berbuka atau sekedar menunggu adzan magrib berkumandang.

Soal jajanan yang dijajakan jangan ditanya ya, mulai dari aneka makanan berat, cemilan sampe beragam minuman biasanya berjejer dipinggir-pinggir jalan. Tinggal bagaimana kita bersabar menahan mata yang latah liat ini itu. 

Di rumah, ada beberapa hal yang wajib ada saat berbuka selain kurma yaitu gorengan dan es. Entah kenapa dua menu andalan ini yang selalu ada di meja meskipun dengan variasi yang berbeda, Buat aku pribadi sih lebih suka berbuka dengan kurman dan baru minuman yang manis, sebelum makan makanan yang berat. karena selain menetralkan kadar gula dalam tubuh, dan juga setelah seharian beraktifitas minuman manis juga bisa membuat lambung tidak kaget saat ditempa makanan nanti.


Jadilah saat bulan puasa itu, setelah adzan Ashar mamak sibuk didapur ngurusin konsumsi. Apalagi kalau masak sendiri dirumah, luar biasa repotnya. Nah kali ini, aku mau berbagi resep Es Selasih Cocopandan yang mudah dibuat dan segar.  Bahan bahan yang digunakan juga tergolong cukup mudah didapatkan dan dengan harga yang cukup terjangkau. Budget untuk membuat es ini gak lebih dari Rp. 25.000. Sekantong selasih ukuran kurang lebih 200 gram dijual dengan harga 2.500 sampai dengan 3.000 rupiah. Natadecoco ukuran kecil Rp. 8.000. dan Kolang kaling Rp.  15.000 / kilo. Sedangkan Syrup marjan, selalu bertengger dikulkas saat puasa, jadi gak perlu beli lagi deh. eheheh

Selain itu sisa bahannya juga masih bisa digunakan lagi nanti. Es ini jadi salah satu minuman andalan saat berbuka, apalagi kalau lagi gak punya banyak waktu. 

Yuk langsung cek resepnya.


Es Selasih Cocopandan ala Qoechingphie
( Baca juga : Resep Membuat Piscok Keju Rumahan yang praktis )

Bahan yang dibutuhkan :


  • 100 Gr selasih siap pakai
  • 250 gr nata de Coco atau secukupnya
  • 200 ml sirup Coco pandan
  • 5 sendok gula pasir ( aku pakai gula pasir yg sudah direbus dengan daun pandan sisa bikin es buah kemarin, jadi makin mantap )
  • Es batu secukupnya


Cara Membuat :

Siapkan Wadah cukup besar kemudian tuangkan air secukupnya,  Larutkan gula dalam gelas dengan sedikit air panas dan campurkan menjadi satu

Tambahkan Natadecoco, biji selasih, kolang kaling dan syrup cocopandan dan aduk rata kembali,

Untuk penyajian, siapkan gelas saji tambahkan es batu kemudian tuangkan es kedalam gelas.

Mudahkan membuatnya, selamat mencoba

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA Dan menanti buka dengan hati gembira ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #fotooftheday #fotography #esselasih #menubukapuasa #menubukapuasahariini #foodaddicts #drinks #ice #makanenak #bukapuasa #foto #foodphotography #food #qoechingphie

Saturday, May 27, 2017

RESEP KUE : Cara Membuat Kue Nastar Keju Khas Lebaran

7:14:00 AM 0 Comments
Sahabat Qoeching,
Bagi umat muslim khususnya Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha adalah perayaan agama yang sangat besar, Apalagi saat Lebaran Idul Fitri yang disimbolkan sebagai hari kemenangan. Setelah sebulan lamanya berpuasa menahan lapar, haus dan amarah. 

Moment Idul Fitri juga menjadi moment yang disakralkan bagi banyak orang, karna ada moment bermaaf-maafan dan silaturahmi akhirnya menjadikan tradisi mudik bagi para perantau yang jauh dari kampung halamannya. 

( Baca juga : Resep Membuat Red Velvet Oreo Cake )

Friday, May 26, 2017

RESEP SEGAR : Cara Membua Es Teler Nikmat

12:00:00 PM 0 Comments
Sahabat Qoeching,
Siapa yang tidak suka es ya. Apalagi dicampur dengan beraneka ragam buah dan campuran lain yang menggugah selera. Selain menghilangkan haus, capek juga bisa mengembalikan kesegaran tubuh setelah seharian beraktifitas.

Salah satu es yang paling saya sukai yaitu es ala Es Teler , karena selain memiliki rasa yang segar, es teler yang satu ini juga banyak sekali campuran buah. Jadi bukan cuma enak tapi juga sehat.


Thursday, May 25, 2017

RESEP SEGAR : Cara Praktis Membuat Es Kacang Merah

3:21:00 PM 0 Comments

Sahabat Qoeching,
Beberapa hari lalu saat makan di salah satu restoran di jakarta, gak sengaja ketemu si Es Kacang Merah ini di Menunya. Aku pribadi sih sudah sering makan, tapi si jagoan rasanya belum pernah mencicipinya. Meskipun kacang merah bukan lagi rasa yang asing dilidah si kecil , karena saat MPASI juga banyak varian bubur rasa kacang merah. Tapi untuk mencobanya langsung, bisa jadi tantangan tersendiri. Dan saat si kecil mencoba es kacang merah aslinya, LANGSUNG SUKAK. Malah minta nambah.

Es Kacang Merah memiliki rasa yang manis, gurih dan empuk, gak heran kalau si kecil sampai minta nambah. Selain itu juga daging kacang merah yang cukup tebal jadi rasa dagingnya cukup terasa dilidah, apalagi dicampur susu dan es serut yang membuat rasanya semakin meleleh dilidah. 

( Baca juga : Resep Piscok Keju rumahan yang dijamin meleleh dilidah )

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kacang merah banyak dijadikan varian rasa makanan khususnya produk MPASI karena dipercaya memiliki kandungan gizi yang baik bagi tumbuh kembang anak. Beberapa kandungan kacang merah antara lain,  Karbohidrat, serat, Asam lemak Omega 3, protein, Vitamin A, Viamin C, Asam Fola, Kalium, Fosfor, Kalsium dan Magnesium. Selain itu 100 gram kacang merah mampu mencukupi kebutuhan protein harian dan salah satu makan diet rendah kalori. Kacang merah juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Jadi selain enak, es kacang merah juga memiliki banyak manfaat dalam tubuh.

Es kacang merah banyak dijajakan di jalan dan restoran. Tapi biasanya di restoran dengan masakan khas Makassar dan Palembang, Es kacang merah ini selalu ada dalam menu. Sayangnya, Es Kacang Merah diluaran agak mahal ya. Satu porsinya berkisar antara Rp. 15.000 sampai 25.000. Itupun dengan porsi yang hanya cukup dimakan sendiri.




Resep Cara Membuat Daging Cobek Empuk Mudah

7:30:00 AM 0 Comments
Resep Cara Membuat Daging Cobek Empuk Mudah
Resep Cara Membuat Daging Cobek Empuk Mudah


Bunda, kali ini aku mau masak Daging Cobek yang empuk dan mudah sekali cara membuatnya. Rencana awalnya sih mau buat Iga Cobek , tapi berhubung ke pasarnya kesiangan kehabisan deh daging iganya, padahal dari kemaren ngidam iga cobek di salah satu restoran yang cukup terkenal itu. Karena tempo hari gak puas makannya jadi akhirnya berinisiatif buat sendiri dirumah. tapi gak apa-apa deh ya, next time kita coba buat lagi.

Wednesday, May 24, 2017

Kamu sedang berada di jogja, Jangan lewatkan 9 Kuliner Jogja ini

3:00:00 PM 0 Comments

Sahabat Qoeching,
Siapa yang tidak kenal dengan kota JOGJA. Kota dengan banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan terkenal sampai ke luar negri. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan wisata kulinernya.

Berbicara soal wisata kuliner jogja, makanan apa yang pertama kali terlintas dikepalamu saat mendengar kata jogja ? GUDEG ? . hahahha.... mungkin aku juga..

Tuesday, May 23, 2017

Monday, May 22, 2017

Resep Membuat Sup Sawi Bakso Udang Mudah dan Praktis

1:25:00 PM
Resep Membuat Sup Sawi Bakso Udang Mudah dan Praktis
Resep Membuat Sup Sawi Bakso Udang Mudah dan Praktis


Bunda, terkadang anak-anak memang sulit untuk dibujuk makan sayur. Padahal sayur sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya yang menunjang tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Thursday, May 18, 2017

Resep Cara Membuat Masakan Korea Sun-dubu JIggae ( Sup Tahu Lembut )

7:30:00 AM 0 Comments

Resep Cara Membuat Masakan Korea Sun-dubu JIggae ( Sup Tahu Lembut )
Resep Cara Membuat Masakan Korea Sun-dubu JIggae ( Sup Tahu Lembut )

Bunda , kali ini masih mengulik resep masakan korea karena masih kena demam korea. Harap maklum ya buibu.. jadi rasanya antusias banget buat masak makanan korea , biar berasa disana gitu.

Oh ya, kali ini aku mau buat sun dubu Jiggae atau Sup Tahu Lembut, kalau dikorea sana sup ini paling cocok dimakan saat musim dingin tapi karna diindonesia Cuma ada dua musim , ya mungkin cocok juga saat musim hujan tapi yang paling cocok sih dimakan pas lapar.
Heheh... ( becanda )

Langsung aja cek resepnya disini ya

( Baca juga resep masakan korea sebelumnya ; Resep dan Cara membuat tteokbokki, resep Sup Seafood Pedas)



BAHAN yang diperlukan :

1 Bungkus Soft Tofu
100 gram Jamur Putih atau bisa menggunakan jamur kancing atau jamur kuping
100 gram zucchini
1 buah kentang ukurans edang
100 gram udang atau kerang atau kepiting atau cumi , seafood apapun boleh sesuai selera
3 siung bawang putih
½ buah bawang bombay
2 batang daun bawang
2 buah telur ayam
2 sdm bubuk cabe
2 sdm minyak goreng
Gula, Garam dan kaldu ayam bubuk
Air



CARA MEMBUAT :

Potong-potong kentang, bawang bombay, bawang putih, daun bawang, zuccini sesuai selera

Panaskan air dalam panci atau wadah yang cukup besar, setelah air mendidih masukkan jamur dan zuccini yang telah dipotong-potong, rebus kurang lebih selama 2-3  menit, sisihkan

Di sembari menunggu jamur dan zuccini, tuangkan bubuk cabe dalam wadah kecil kemudian campurkan dengan 2 sdm minyak goreng dan aduk rata,

Setelah jamur dan zuccini lacu masukkan bubuk cabe yang telah dicampurkan dengan minyak, tambahkan garam , gula dan kaldu bubuk ( jika suka) cicipi,

Potong tahu sesuai dengan selera kemudian masukkan kedalam sup,

Kocok telur dalam mangkuk terpisah kemudian tuangkan kedalam panci sambil diaduk perlahan.

Terakhir masukkan irisan daun bawang dan masak selama beberapa menit. Setelah rasanya pas , angkat dan sajikan hangat bersama nasi

Mudahkan Bunda,
SELAMAT MENCOBA








Tips :
Jika ingin menambahkan seafood seperti kerang , kepiting dan sebagainya sebaiknya masak dulu kepiting tersebut kedalam air sampai mendidih dan mengeluarkan kaldu, baru setelah itu masukkan zuccini dan jamur, Agar kuah kaldu lebih terasa gurih.


Sumber : Resep Masakan Korea





Tuesday, May 16, 2017

Sunday, May 14, 2017

Saturday, May 13, 2017

Resep dan Cara Membuat Pesmol Ikan Mujair Mudah

10:32:00 AM
Pesmol Ikan Mujair​
Bunda, ikan mujair biasanya aku goreng dengan tepung crispy mirip di restoran Padang. Tapi kali ini berhubung lagi gak masak makanan yang berkuah jadi ikannya aku buat bumbu pesmol yang dijamin menggoda lidah.

Friday, May 12, 2017

Resep dan Cara Membuat Masakan Korea – Tteokbokkie

2:32:00 PM 0 Comments


Buat kamu yang sering menonton dan penggemar drama korea pasti sudah tidak asing dengan nama makanan yang satu ini. Di drama korea memang sering sekali makanan ini muncul dengan ke khasannya, rasanya ingin sekali mencoba bagaimana rasanya. Apakah senikmat ekspresi para artis korea itu ? hehehe.

Thursday, May 11, 2017

Tips dan Cara Sukses Menabung bagi Pekerja dan Ibu Rumah Tangga

7:30:00 AM 0 Comments
Sahabat Qoeching,
Menabung adalah salah satu kebiasaan yang selalu digalakan sejak dini baik oleh orang tua, guru dan para tetua di keluarga. Menabung telah ditanamkan dalam jiwa kita sejak masih anak – anak dengan banyak sekali metode dan program baik disekolah maupun dirumah. Beberapa sekolah bahkan mewajibkan siswanya untuk menabung semampunya, tujuannya selain mendidik anak untuk hidup hemat, uang tabungan yang telah terkumpul juga bisa dijadikan tambahan biaya untuk kebutuhan saat naik kelas nanti.

Tapi setelah beranjak dewasa, memiliki penghasilan sendiri dan bahkan sudah mengelola keuangan sendiri menabung menjadi satu hal yang sulit dilakukan. Jika pertanyaannya mengapa ? tentu setiap orang memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa menabung menjadi hal yang sulit dilakukan. Dulu pun saya termasuk orang yang seperti itu, waktu saya masih bekerja disebuah perusahaan penghasilan bulanan saya selalu habis bahkan nyaris tidak bersisa sampai periode gajian berikutnya. Rencana sebelum gajian begini, setelah gajian realitanya begitu. Pengeluaran rutin dan pengeluaran “GATAL” yang membuat gaji seperti numpang lewat direkening. Dan bahkan setelah bertahun-tahun bekerja, rasanya bahkan saya tidak menghasilkan apa – apa.

Wednesday, May 10, 2017

RESEP : Es Kopyor Kolang Kaling Segar Untuk Teman Berbuka

4:30:00 PM 0 Comments
Sahabat Qoeching,

Pasti tidak asing dengan kolang kaling kan. Makanan  yang satu ini memang cukup terkenal dan diminati khususnya saat musim ramadhan. Ada banyak olahan menu kolang kaling yang dijajakan di jalan sebagai menu berbuka puasa. Seperti Kolak, Es cocopandan, dan banyak makanan dan minuman lain yang menggunakan kolang kaling sebagai pelengkap sajiannya.

Kolang kaling memiliki Teksture  yang kenyal dan manis, oleh karena itu kolang kaling disukai oleh seluruh orang baik dewasa maupun anak-anak. Dipasaran kolang kaling dijual perkilogram, untuk saat ini harga kolang kaling di pasaran menginjak harga Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 25.000 per-kilogram. Lebih mahal dari tahun sebelumnya.

Tak banyak yang tau kalau kolang kaling ini sebenarnya adalah biji buah pohon aren yang diolah sedimikian rupa sehingga menghasilkan panganan yang nikmat. Kolang kaling juga memiliki beragam sebutan di berbagai daerah di Indonesia.

( Baca juga ; Resep Es  Selasih Cocopandan )

Buah yang banyak digunakan sebagai pelengkap minuman es campur dan es buah ini juga ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak, seperti Karbohidrat, potassium, iron, zink, Vitamin  A, B, C , Protein, Serat, Kalsium, Lemak, Fosfor, Zat Besi dan Air.

Dalam resep kali ini kita juga mencampurkan kolang kaling dengan kelapa, Karna resepnya disebut dengan ES KOPYOR KOLANG KALING. jadi tentu kita juga membutuhkan kelapa muda kopyor sebagai bahan utamanya.

Tapi sahabat sebenarnya kelapa kopyor itu berbeda dengan kelapa biasa pada umumnya. Kelapa kopyor atau orang jawa juga sebut dengan kelapa bulan, adalah kelapa yang memiliki daging buah yang empuk dan cendrung bergelebembung dikulitnya dan sudah terlepas dari batok kelapa dengan sendirinya. Airnya pun cendrung lebih sedikit dan memiliki rasa yang khas. Kelapa kopyor asli memang sulit ditemui atau dibudidayakan karena kelapa kopyor sendiri adalah suatu kelainan genetik pada proses pertumbuhan buah kelapa. Nah, karena kelapa ini cukup sulit didapatkan. Kita bisa menggantinya dengan kelapa muda atau kelapa hijau yang ada disekitar kita.

( Baca juga : Resep Ayam saus nanas praktis )



Cek resepnya ya,




Bahan yang dibutuhkan :



  •  1 butir kelapa tua, kupas kemudian parut
  •  350 cc air kelapa muda atau sesuai selera
  •  200 gr gula pasir
  •  ½ sdt garam
  •  1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
  •  Es batu 
  •  Syirup Cocopandan
  •  250 gram Kolang Kaling
  •  2 sdm Pewarna makanan sesuai selera,
  •  Air


Cara Membuat :


Rebus kolang kaling dengan 150 gram gula pasir dan pewarna makanan sampai mendidih dan air serut atau selama kurang lebih 20 menit, setelah matang, sisihkan agar dingin.

Campur kelapa parut dengan 350 cc air kelapa muda, remas-remas. Ambil santannya sebanyak 400 cc

Campur santan dengan gula sebanya 50 gram dan garam, didihkan sambil diaduk perlahan. Masukan larutan agar - agar, aduk sampai mendidih, sisihkan sampai dingin

Siapkan wadah  masukkan es batu kemudian ambil larutan santan tuangkan santan , kemudian campurkan dengan air kelapa muda aduk sampai semua tercampur,

Siapkan gelas, taruh gelas kedalam es batu tuangkan sirup Cocopandan, tambahkan kolang kaling sesuai selera kemudian terakhir tambahkan larutan santan kedalamnya.

Es kopyor siap disajikan.

Mudahkan cara membuatnya,
Selamat Mencoba