Friday, July 28, 2017

Persiapan membuat Pesta Ulang Tahun Anak Dirumah

Ultah Rio ke -2 


Bunda, ulang tahun anak merupakan moment tumbuh kembang yang sayang untuk dilewatkan ya. Rasanya sebagai orang tua kita ingin sekali mengabadikan setiap moment , bahkan jika bisa membagikan kebahagiaan tersebut ke seluruh dunia. Salah satu yang sering dilakukan para orang tua adalah merayakan ulang tahun anaknya. Bahkan moment ulang tahun bukan hanya untuk para anak-anak tapi bagi kita yang sudah dewasa sekalipun menginginkan hari lahir kita menjadi moment yang spesial.


Baik ulang tahun anak dan orang dewasa tentu saja ada hal – hal yang harus ada dalam pesta, seperti kue ulang tahun , kado, dan teman atau orang spesial.

Tapi yang berbeda dari pesta ulang tahun anak dan dewasa ada didekorasi pestanya, hahahah... sudah pasti ya. Biasanya orang tua membuat dekorasi pesta dengan tokoh kartun atau figur aksi idola anak mereka, dengan tema tersebut tentunya dekorasi pesta menjadi semakin meriah dan unik. Pesta ulang tahun sendiri bisa di rayakan dimanapun tergantung kebutuhan. Buat yang memiliki budget lebih pesta ulang tahun bisa dirayakan di restoran atau tempat bermain untuk anak, jadi sebagai orang tua kita hanya melakukan sedikit persiapan. Tapi kalau bunda ingin merayakan ulang tahun dengan low budget atau merayakan ulang tahun dirumah juga tidak ada salahnya. Meskipun dari kita harus sedikit letih mengatur beberapa kebutuhan dan persiapan penunjang acara, tapi demi anak dan kantong yang tetap aman sampai akhir bulan, rasanya gak jadi masalah ya bunda nguli sehari. Hehehe...

Nah apa aja sih persiapan yang dilakukan saat mengadakan pesta ulang tahun anak di rumah ? cekidot....

TEMA & DEKORASI

Contoh dekorasi sederhana dirumah

Kenapa ini jadi poin pertama, karna tema adalah pangkal perencanaan acara dan dekorasi yang saling berhubungan. Jadi tentukan tema yang diinginkan. Apakah temanya tokoh kartun seperti ipin upin, action figur atau tokoh kesukaan anak. Kalaupun temanya sederhana sekalipun minimal kita bisa buat dekorasi berwarna sepadan, seperti biru , pink, hijau dan lain sebagainnya.


Setelah menentukan tema , hal –hal kecil yang perlu kita persiapkan adalah :

Tulisan Happy Birthday / selamat ulang tahun
Balon bertuliskan Nama anak kita
Balon – balon
Kertas dekorasi dinding
Topi ulang tahun untuk peserta yang datang
Kaset lagu ulang tahun
Speaker dan mic
Kalau bunda memiliki budget lebih, bunda bisa memesan banner bertuliskan selamat ulang tahun di percetakan.

mmm..... mungkin ada bunda yang bertanya apa perlu Kaset ulang tahun, speaker dan mic ?. jawabannya tergantung kebutuhan bunda ya, biasanya untuk anak-anak dibawah 4 tahun mereka masih suka berekspresi semaunya, terkadang teriak-teriak, menangis, bercanda yang intinya akan terjadi kegaduhan panjang dan berkelanjutan ( jika tidak ditangani, heheh). Jadi bunda , akan butuh banyak energi untuk teriak-teriak mengatur mereka dengan suara yang harus melebihi suara kebisingan yang dibuat. Bisa dibayang bagaimana letihnya ?.

misalkan saat mengajak berkomunikasi, memanggil nama bahkan mengucapkan sambutan butuh perjuangan otot otot leher jika tidak menggunakan mic dan speaker. Dan untuk kaset ulang tahun adalah untuk memeriahkan acara dan menjadi guide saat anak-anak bernyayi. Jadi akan tetap seirama tanpa perlu dirgen yang berdiri diatas mimbar. Hehehe....

UNDANGAN

Tentukan jumlah anak yang akan diundang di acara tersebut. Tentunya sesuaikan juga dengan luas rumah atau tempat acara dilangsungkan. Supaya acara bisa berjalan dengan lancar tanpa ada adu hantam dari anak-anak yang berebut tempat duduk. Fikirkan juga ruang untuk para ibu-ibu atau bapak-bapak yang mengantarkan anak mereka.

Setelah menentukan jumlah undangannya , persiapkan undangannya sesuai dengan tema ulang tahun. Untuk kisaran harga undangan anak bervariasi ya bunda, ada yang murah ada yang mahal sesuai dengan budget bunda.

Undangan anak bisa dibeli di toko buku atau toko kebutuhan ulang tahun seharg Rp. 5.000 / 10 pcs untuk harga termurah ( di sekitar rumah saya), mungkin ada yang lebih murah di tempat bunda.

KUE ULANG TAHUN
Kue Ulang Tahun

Kue ulang tahun biasanya sesuai dengan tema yang diusung seperti pembahasan kita sebelumnya. Untuk kue ulang tahun bisa dipesan di toko kue. Untuk kue ulang tahun anak memang biasanya ada gambar atau ornamen tertentu, harganya berfariasi untuk toko kue skala rumahan kue ulang tahun ukuran 20 x 20 cm mulai dari harga Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 200.000. untuk kue yang cukup mewah dengan ornamen robot atau hisanan biasanya dari mulai harga Rp. 175.000 sampai dengan Rp. 300.000.

Jika bunda ragu dengan rasanya bunda bisa memesan di toko kue yang cukup ternama, persiapkan saja budget sekitar Rp. 300.000 s/d Rp. 500.000 untuk kue ukuran kecil.

HAMPERS
Contoh Hampers Sederhana

Hampers atau bingkisan untuk teman-teman yang datang biasanya berupa makanan atau sovenir. Kalau bunda berniat memberikan souvenir bunda bisa membeli tas dengan harga grosir. Atau kalaupun bunda hanya ingin memberikan hampers berupa snack dan makanan juga tidak menjadi masalah.

Budget hampers bisa disesuaikan dengan keuangan bunda ya. Misalkan budgetnya Rp. 25.000 / anak. Tinggal dikalikan dengan jumlah anak. Jika bunda ingin membuat hampers berupa makanan kecil atau snack bunda bisa memasukkan beberapa makanan seperti :

Susu kemasan
Ciki
Permen
Coklat
Roti / kue

Bisa juga ditambahkan dengan nasi kuning dalam mika kecil atau jika tidak ingin repot bunda bisa memesan Friedchicken KW ala abang-abang. Biasanya nasi + ayam seharga Rp. 13.000 termasuk boxnya. Jadi lebih praktis daripada harus memasak nasi kuning.

HIDANGAN UNTUK TAMU

Selain para anak-anak yang hadir, tentu juga ada sanak keluarga yang biasanya ikut kumpul diacara tersebut. Siapkan juga makanan atau snack untuk saudara dan para orang tua yang ikut hadir mengantar anaknya.

Jangan lupa siapkan minuman , kalau tidak ingin repot bunda bisa menyediakan air mineral kemasan. Tapi biasanya kurang rasanya kalau tidak ada acara makan-makan. Berikut beberapa referensi resep yang cocok untuk acara kumpul keluarga :


Memang agak repot harus memasak sendiri ya bunda, tapi DIJAMIN LEBIH HEMAT. Heheh

BUAT SUSUNAN ACARA

Untuk acara dirumah tidak ada MC bertalenta yang bisa mengarahkan para undangan agar acara lebih meriah ya. Kita pun sebagai ibu rumah tangga yang suka bergosip ria belum tentu lihai berbicara dan menggiring suasana. Oleh karena itu, sebaiknya dibuat susunan acara secara garis besar agar acara yang dibuat bisa teratur dan terlaksana dengan baik.
Berikut contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak :

Pembukaan
Sambutan dari orang tua ibu / ayah
Pembacaan Doa & Harapan
Tiup Lilin & Potong Kue
Sesi foto-foto
Games
Pembagian hampers
Penutup

Meskipun hanya secara garis besar, tapi setidaknya kita tau apa yang harus dilakukan jadi acara dapat berjalan dengan tertib dan terarah. Terkadang saat suasana sedang sangat ramai dan kacau kita lupa bahkan bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya sehingga setelah acara selesai banyak sekali hal-hal yang terlupakan.

GAMES


Mengadakan games dalam acara ulang tahun memang tidak wajib tapi cukup berperan penting untuk memeriahkan acara ulang tahun. Cukup sediakan beberapa hadiah kecil untuk memancing anak – anak agar mau bermain games.


Games nya pun beragam, bisa mulai dari menyanyi dengan merubah huruf vokal, menari dengan balon, membuat daftar hal yang harus dilakukan yang disembunyikan dalam balon dan banyak lagi contohnya membuat gulungan kertas yang dimasukkan kedalam balon bertulisakan “ PERAGAKAN GERAKAN MONYET”. Permainan sederhana tapi menghibur, jangan lupa berikan hadiah bagi anak yang berani tampil dan menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Kebetulan saya pernah merayakan acara Ulang Tahun untuk anak saya dirumah dengan tema yang cukup sederhana. Karena memang awalnya perayaan ini hanya untuk keluarga, tapi akhirnya turut mengundang anak-anak tetangga sekitar dan tidak banyak.

Berikut rincian pengeluarannya untuk 40 orang udangan ;

1. Kue Ulang Tahun by Holand Bakery ukuran 20 x 20 cm / Tema Robot Rp. 300.000
2. Balon Tiup 1 pack isi 100 pcs Rp. 60.000
3. Lilin Ulang Tahun Rp. 4.000
4. Pita Rumbai 8 pcs @ Rp. 3.000/pcs Rp. 24.000
5. Tulisan “ HAPPY BIRTHDAY” Rp. 36.000
6. Balon Huruf “ R-I-O” dan angka “3” @ Rp. 5.000/pcs Rp. 20.000
7. Toppi ulang Tahun untuk peserta 4 pack @ Rp. 16.000/pack isi 10 Rp. 64.000
8. Undangan Ulang Tahun 4 pack @Rp. 5.000/pack isi 10 Rp. 20.000
9. Kaset Lagu ulang Tahun / Anak Rp. 7.000
10. Pita Rollan untuk balon Rp. 16.000
11. Plastik snack karakter 4 pcs @ Rp. 10.000/pack isi 10 Rp. 40.000
12. Susu ultra mini 40 pcs @Rp. 2.500 /pcs Rp. 100.000
13. Ciki Sip rasa coklat 40 pcs @ Rp. 1.700 /pcs Rp. 68.000
14. Ciko Citatos 2 pack @ Rp. 17.000/pack isi 20 Rp. 34.000
15. Ciki Taro 40 pcs @ Rp. 900 / pcs Rp. 36.000
16. Biskuit Slay Olay 3 pack @ Rp. 10.500 /pacl isi 13 Rp. 31.500
17. Permen Milkyta 1 pack Rp. 15.500
18. Ciki Mie 2 pack @ 17.000/pack isi 20 Rp. 34.000
19. Ayam Kentucky KW 40 pcs @ 13.000/ pack Rp. 520.000
20. Snack untuk Orang tua ( RISOL/ PASTEL) 40 pcs @ 1.500 /pcs Rp. 120.000
21. Aqua Gelas 2 dus @ 18.000 /dus Rp. 36.000

Total Sekitar Rp. 1.586.000

Rincian tersebut diatas hanya sebagai referensi bagi bunda mengenai apa-apa yang sebaiknya dibeli, Tapi bunda bisa memodifikasi atau menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya,
Salam



Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi