Tuesday, August 15, 2017

Resep Membuat Sop Konro Khas Makasar

Tags


Bunda,

Sempat beberapa kali makan sop konro kareboshi tapi rasanya enggak puas karna porsinya yang minim. Nambah pun rasanya berdosa sekali. Akhirnya setelah mencari beberapa referensi resep sop konro, saya berusaha membuatnya sendiri dirumah.

sumber gambar : https://www.instagram.com/qoeching_phie

Ternyata membuat sop konro itu membutuhkan banyak sekali bahan – bahan rempah yang membuat kepala pusing bagi sebagian orang yang baru mengenal jagat permasakan indonesia, heheh. Dan ”PR” nya lagi tidak semua bahan rempah ini bisa ditemukan di supermarket. Jadi kalau berencana membuat sop konro sendiri dirumah, sebaiknya belanja semua bahan- bahannya di pasar tradisional.

Untuk memasaknya sendiri tergolong cukup praktis, Cuma memang harus bersabar memasak daging atau iga nya agar teksture dagingnya lembut dan gampang digigit. Kebetulan saya tidak punya panci presto, jadi harus berlama-lama ngedate bareng panci biasa dan bolak balik tuang air kedalam panci untuk memastikan air tidak terlalu surut dan daging tetap terendam air selama pemasakan.

Tapi dibalik perjuangan panjangnya, rasanya sungguh luar biasa. Mendapat sambutan baik dari suami, bahkan ludes saat bundanya belum sempat mengabadikan prestasinya memasak sop konro untuk pertama kali. Hahaa..

Nah, penasaran bunda ? langsung cek resepnya yuk


BAHAN :
500 Gram iga sapi
1,5 cm kayu manis
5 butir cengkir
3 butir kapulaga
2 cm jahe
2 sdm air asam jawa
1 batang serai
2 lembar daun jeruk nipis
1 lembar daun salam

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 buah kluwek
3 sdm kelapa sangrai
1 cm kunyit
3 cm lengkuas
1 sdm ketumbar
½ sdt jinten
½ sdt merica bubuk


CARA MEMBUAT :

Cuci bersih iga sapi, kemudian rebus sampai empuk. Saat perebusan hilangkan kotoran yang terdapat di air kaldunya dengan saringan. 

Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu sampai harum dan berubah warna lebih gelap. Matikan api kemudian masukkan kelapa sangrai .

Masukkan bumbu yang telah ditumis kedalam air rebusan iga dengan minyak-minyaknya, tambahkan juga pekak, kapulaga, kayu manis, air asam jawa jahe, serai, daun jeruk dan daun salam rebus  kembali

Tambahkan gula, garam, kaldu sapi bubuk, cicipi

Setelah rasanya pas, angkat dan sajikan bersama taburang bawang goreng dan sambal.

Selamat mencoba




Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon