Thursday, August 24, 2017

Resep Tofu Saus Telur Asin ala restoran

Tags

Resep Tofu Saus Telur Asin ala restoran
Sumber Gambar : Instagram/noviagarnella

Bunda,
Sekarang ini banyak sekali variasi menu makanan baru yang disajikan di resto atau pedagang kaki lima. Salah satunya adalah Tofu saus telur asin ala restoran yang dulu menggratiskan makan nasi dan minum sepuasnya. Tapi sejak kebijakan barunya di bulan juli lalu kalau nasi dan minum tidak lagi gratis, rasanya saya agak setengah hati untuk datang lagi kesana untuk makan sepuasnya. Heheh.. keculi mungkin jika ada menu baru.



Untuk saya pribadi, saya lebih suka membuatnya sendiri dirumah, karena selain lebih hemat , kita juga bisa makan sepuasnya bersama anggota keluarga. Cuma yang menjadi masalah dari banyak artikel dan resep yang bertebaran di dunia maya, atau akibat cara pengolahan yang berbeda membuat rasanya tidak bisa 100 persen sama. Tapi gak masalah lah ya, yang penting tujuan masaknya sama. Hehhe..

Nah, resep tofu saus telur asin ini terbilang cukup praktis dan mudah cara membuatnya. Bahan –bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan jadi gak perlu tunggu nanti untuk eksekusi membuatnya.

Selain itu dalam 100 gram tofu mengandung kalori sebanyak 76 kkal, lemak , lemak jenuh, protein dan karbohidrat. Dan sebagian besar kandungan tofu terdiri dari 52% lemak, 39 % protein dan sisianya berupa karbohidrat. Makanan kaya protein ini juga cocok memenuhi kebutuhan anak, selain itu teksturnya yang cukup lunak dan mudah di kunyah.

Langsung aja cek resepnya ya bunda.



Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 bungkus tofu 
  • 2 butir telur asin ( ambil kuningnya saja )
  • 1 1/2 sdm margarin 
  • 2 siung bawang putih cincang ( kalau besar 1 )
  • 1 tangkai daun bawang rajang 
  • Secukupnya Kaldu bubuk 




Cara membuat :

Pertama –tama keluarkan tofu dari bungkusnya kemdian potong tofu dengan ketebalann 1 sampai 2 cm. Sisihkan

Panaskan minyak, kemudian goreng tofu sampai berubah warna kecoklatan. Jika bunda menggunakan tofu udang sebelum digoreng bisa dicelupkan terlebih dahulu ke kocokan telur. Setelah matang, angkat dan sisihkan

Ambil telur asin, belah menjadi 2 bagian kemudian ambil bagian kuningnya saja,  penyet – penyet kuning telur sampai tidak lagi menggumpal menggunakan sendok. Sisihkan

Siapkan wajan, lelehkan margarin kemudian tumis bawang putih sampai harum dan sedikit layu kemudian tambahkan telur asin yang sudah dilumatkan. Aduk rata.

Tambahkan gula, garam dan kaldu ayam bubuk. Beri 2 sdm air agak tidak hangus.

Setelah itu masukkan tofu dan daun bawang  yang telah di iris t danpis aduk rata. Angkat dan sajikan

Selamat mencoba


Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon