Thursday, September 14, 2017

Serunya Minum Teh ini ! Kamu Harus Coba

Tags


Aku termasuk orang yang suka minum teh dan kopi. Bahkan sudah menjadi kebiasaan dan rasanya seperti ada yang kurang kalau belum minum teh seharian. Kebiasaan itu bukan tanpa alasan atau Cuma sekedar ikut-ikutan. Bahkan kebiasaan minum teh sudah datang dari kecil, karena memang aku tinggal dengan  nenek dan buyut di kampung yang punya kebiasaan ngeteh tanpa kenal waktu. Pagi – pagi mereka sarapannya teh pahit panas dengan singkong kukus yang ditaburi kelapa parut. Atau tiwul, atau ketan hitam, kadang juga gemlong, atau uli bakar, tidak hanya terbatas makanan manis,  tapi bahkan makanan gurih seperti geblek, larawan, dan banyak lagi makanan khas cirebon lainnya yang ada disekitar rumah. Makanan pendampingnya sih selalu ganti – ganti setiap hari tapi minuman wajibnya tetap teh pahit panas. Apalagi teh yang dipakai bukan teh   celup tapi teh tubruk, jadi kebayangkan gimana pahitnya. Kadang aku minta dibuatkan khusus teh dengan tambahan sedikit gula batu, dan cara minum teraman untuk teh panas adalah dengan menuangkannya keatas tatakan dan menyeruputnya perlahan.


Teh dipercaya bukan hanya sebagai minuman yang enak dan menenangkan tapi juga teh memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia. Baca : 11 Manfaat dan Kontradiksi dari segelas teh untuk tubuhmu.

Oleh karena kandungan dan khasiat teh tersebut, teh dijadikan minuman yang dapat diminum setiap hari dan karena kandungan kafein dari teh lebih rendah dari kopi jadi lebih aman bagi lambung.

Sekarang ini bukan hanya teknologi yang mengalami kemajuan pesat akibat perkemangan zaman, tapi juga makanan dan minuman termasuk didalamnya teh. Teh bukan hanya menjadi kebutuhan atau kebiasaan akan tetapi sudah menjadi gaya hidup. Sekarang ini teh bukan hanya dinikmati para orang tua tapi juga anak muda, cara menikmati teh pun sudah banyak berubah, dulunya teh disajikan dalam keadaan tenang, duduk – duduk manis dan ngemil syantik. Tapi saat ini teh bisa dinikmati kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun. Perubahan teh dari waktu – kewaktu baik dari cara pembuatan, penyajian dan cara meminumnya tidak terlepas dari para tangan dingin orang-orang yang mampu memuat teh diterima di zaman yang serba praktis ini.

Beberapa teh hasil perkembang biakan zaman , dan menjadi teh “GAUL” ( Hehehe.. ) antara lain :
Serunya Minum Teh ini ! Kamu Harus Coba
Thai Tea. Sumber gambar : instagram/cempakaayus
THAI TEA
Yang sedang booming dan digandrungi para anak muda dan instagramer, akhir-akhir ini adalah Thai tea. Sesuai dengan namanya Thai Tea berasal dari Thailand, Thai tea adalah Teh Hitam yang diberikan campuran susu kental manis dan es. Tapi buat kamu yang  gak bisa dateng langsung ke Thailand gak perlu khawatir. Thai Tea ini banyak tersebar di Indonesia khususnya kota-kota besar, Apalagi Jakarta.
Varian rasanya pun cukup banyak, dari mulai rasa original ( teh hitam, susu dan es) ada juga rasa lain seperti avocado, latte dan banyak lagi.
Harganya pun terbilang cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp. 12.000 sampai dengan Rp. 35.000 per-cup nya. Tergantung dari tempat dan brand yg kamu beli.
Salah satu tempat yang bisa kamu datangi untuk mencicipi Thea Tea adalah KAKO THAI TEA. Selain Thai tea original kamu juga bisa menikmati teh jenis lainnya seperti Green Tea, Halzelnut Thai Tea, Green Tea Latte dan lainnya.

 
Serunya Minum Teh ini ! Kamu Harus Coba
Teh Tarik. Sumer Gambar : instagram/jasysim
TEH TARIK
Kalau menurut aku sih, teh tarik hampir sama dengan Thai Tea. Cuma perbedaannya di cara penyajiannya saja. Dinamakan teh tarik karna pada proses pembuatannya teh yang sudah dicampur dengan susu di tuangkan dari satu gelas ke gelas yang lain dengan cara ditarik menjauh,  proses tersebut dilakukan secara berulang-ulang sampai teh tersebut mengeluarkan buih atau busa. Biasanya teh tarik disajikan hangat, tapi ada juga yang menambahkan es. Teh tarik ini merupakan minuman asal Negara malaysia. Beberapa produsen pangan sudah membuat teh tarik dalam kemasan instan, meskipun rasanya hampir sama tapi proses pembuatannya mengurangi seni dari teh tarik itu sendiri.
Teh tarik juga sudah banyak dijual di indonesia dan menjadi minuman yang cukup populer. Kalau di mall biasanya disajikan dengan cup plastik dan ditambahkan es batu, jadi lebih fleksibel sebagai minuman anak muda.

Serunya Minum Teh ini ! Kamu Harus Coba
Es teh manis. Sumer gambar : instagram/duolemak

ES TEH MANIS
Meskipun gak segaul teh tarik, atau secantik Thai Tea, Tapi percaya deh Es Teh Manis itu adalah minuman yang paling populer di semua kalangan tanpa pandang bulu. Baik orang tua maupun anak – anak suka es teh manis, dari mulai artis papan atas sampai tukang papan bisa minum es teh manis, es teh manis juga tersedia dari mulai restoran sampai pedagang kaki lima. jadi kurang terkenal mana ?.
Selain itu es teh manis itu pendamping setia disetiap makanan, makan bakso minumnya es teh manis. Makan mie ayam minumnya es teh manis, Makan steak minumnya es teh manis. Bahkan ada sebuah produsen minuman teh manis kemasan yang slogannya dikenal seluruh rakyat indonesia yaitu “ Apapun makanannya minumnya teh botol so***”.
Soal harga jangan ditanya ya, karna es teh manis itu sangat sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 3.500 untuk tarif pedagang kaki lima. Rp. 5.000  / gelas untuk restoran lokal bintang lesehan. Dan untuk hotel bintang lima silahkan komentari sendiri harganya. Hehehe....

Serunya Minum Teh ini ! Kamu Harus Coba
Teh herbal. sumber gambar : instagram/kopikula.sby

TEH HERBAL
Kesadaran orang – orang akan pola hidup sehat akhir-ini semakin tinggi, oleh karena itu banyak orang-orang yang mengalihkan teh nya ke teh herbal. Teh herbal adalah teh yang dibuat tanpa daun teh, teh herbal bisa terbuat dari rempah-rempah, bunga, buah dan lainnya yang dikeringkan dan diseduh dengan air panas.
Teh herbal ini banyak sekali mengandung khasiat sesuai dengan jenis teh herbal yang digunakan. Banyak juga yang mengkonsumsi teh herbal ini sebagai salah satu obat diet yang dipercaya ampuh menurunkan berat badan.
Contohnya saja teh rosela yang dipercaya mengandung viamin A, Vitamin C, Protein esensial, dan 18 jenis asam amino termasuk arginina dan regnin yang membantu proses peremajaan tubuh. Selain itu kandungan antioksidan didalam teh membantu tubuh melawan radikal bebas dan polusi yang tinggi apalagi jika hidup di kota besar yang sibuk.

Sekarang ini sudah banyak juga bertebaran caffe yang menyediakan teh herbal sebagai minuman, rempah - rempah yang digunakan pun sangat beragam. jadi kamu bisa memilihnya sendiri sesuai kebutuhan.


jadi tidak ada alasan lagi untuk menikmati teh yang kaya khasiat ya, karna kamu bisa menikmatinya dimanapun dan kapanpun.

Selamat Mencoba

                                        

Ibu Rumah tangga dengan ratusan mimpi, mencoba menuangkan fikiran dikepalanya untuk sekedar berbagi dan semoga bisa saling menginspirasi


EmoticonEmoticon